SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Negeri 1 Ponorogo

Nadia Indratirta

Abstrak


ABSTRAK

 

Indratirta, Nadia. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Negeri 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.Ak.

 

Kata Kunci : Model Project Based Learning dan Hasil Belajar.

Model project based learning merupakan salah satu  model pada pendekatan saintifik dimana peserta didik bersama melaksanakan sebuah proyek yang nantinya akan menghasilkan produk karya siswaberupa laporan keuangan perusahaan jasa di lingkungan sekitar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Ponorogo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian adalah eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Ponorogo yang terdiri dari lima kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas X AK 4 sebagai kelas kontrol dan X AK 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument perlakuan berupa RPP dan handout, dan instrumen pengukuran berupa tes hasil belajar. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunkan uji-t. sebelum uji hipotesis, dilakukan uji normalitas dengan uji Kolmogorov- Smirnov (Uji K-S) dan uji homogenitas menggunakan uji Homogenity of Variances.

Hasil penelitian menunjukan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol 16,88 > 5,13 dan nilai rata-rata hasil belajar ranah sikap kelas eksperimen lenih tinggi daripada kelas kontrol 77,41 > 62,84. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan model project based learning dan siswa yang belajar dengan model konvensional.