SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2005-2007)

Sandra Prastiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Prastiwi, Sandra. 2010. Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia (Studi pada Perusahaan Manufaktur Periode 2005-2007). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Ika Putri Larasati S.E, M Com, (2) Makaryanawati S.E, M.Si, Ak.

 

Kata Kunci: Fundamental (Produk Domestik Bruto (PDB), Inflasi, Earning PerShare (EPS), Price Earning Ratio (PER), Harga Saham

 

Saham merupakan alternatif bentuk investasi di pasar modal yang memiliki tingkat likuiditas tinggi. Saham memberi kemungkinan bagi investor untuk menjual sahamnya setiap saat ketika membutuhkan dana atau ketika hendak mengubah alternatif investasinya. Untuk itu diperlukan penilaian terhadap saham. Penilaian harga saham dapat dilakukan dengan menggunakan analisis fundamental yang berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental yang terdiri dari: Produk Domestik Bruto (PDB), infasi, Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan manufaktur periode 2005-2007 baik secara parsial maupun simultan. Metode pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia (BI), dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan manufaktur sedangkan variabel Produk Domestik Bruto dan inflasi tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan variabel Produk Domestik Bruto (PDB), inflasi, Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER) bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah: (1) Dalam melakukan penilaian atas saham, para investor hendaknya lebih mempertimbangkan faktor Earning Per Share dan Price Earning Ratio. Dengan memahami Earning Per Share dan Price Earning Ratio lebih dalam dapat memiliki bekal lebih baik dalam menentukan pilihan investasi di pasar modal, (2) Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperbanyak periode penelitian, jumlah sampel, dan menambahkan faktor-faktor fundamental perusahaan seperti pertumbuhan penjualan, Price to Book Value Ratio pertumbuhan Return On Equity, Dividend Payout Ratio, total hutang, maupun kondisi eksternal perusahaan misalnya kurs valuta asing.