SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas XI Semester 2 SMK Akuntansi

Dhiah Ayuningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 merupakan perbaikan dari Kurikulum 2013 sebelumnya. Salah satu perubahan pada kurikulum tersebut adalah penambahan mata pelajaran baru pada SMK jurusan akuntansi keuangan dan lembaga yaitu mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah untuk kelas XI dan kelas XII. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyikapi adanya penambahan mata pelajaran baru tersebut adalah persiapan bahan ajar yang sesuai dengan kompetensi dasar yang ada pada kurikulum. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terbatas pada guru akuntansi di beberapa SMK di Malang dan beberapa toko buku, diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang tersedia masih terbatas. Oleh karena itu, pengembangan suatu bahan ajar diperlukan untuk mengatasi permasalahan terbatasnya bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang bisa dikembangkan adalah modul.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XI semester 2 SMK Akuntansi. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Research dan Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983) yang meliputi analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk dan produk akhir. Validasi produk meliputi validasi ahli pengembangan bahan ajar serta ahli materi yang dilakukan dengan cara wawancara berdasarkan angket yang telah diberikan.

Produk modul praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah yang dikembangkan berupa modul siswa dan modul guru. Modul yang dikembangkan disesuaikan dengan tuntutan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang menerapkan pembelajaran abad 21 atau 4C (Creative, Communicative, Critical Thinking, and Collaborative) dan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Modul memuat 4 (empat) kompetensi dasar yang dikemas dalam 4 (empat) kegiatan belajar yang berisi petunjuk-petunjuk belajar (study guide). Berdasarkan hasil wawancara dengan ahli validasi, modul praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XI semester 2 dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran.

Pemanfaatan modul sebagai bahan ajar pada kegiatan pembelajaran tetap menggunakan sumber referensi lain yang relevan untuk menambah pengetahuan yang diperoleh. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut adalah dengan melakukan uji coba pengguna pada siswa serta dilakukan uji efektifitas produk.