SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Fenomenologi Peran Akuntansi dalam Persiapan Perubahan Organisasi menuju Puskesmas BLUD (Badan Layanan Umum Daerah)

MOHAMAD RAMADHAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Penerapan BLUD pada instansi pemerintahan mulai dijalankan hingga pada unit terkecil pelaksana dinas layaknya puskesmas. Puskesmas sebagai kepanjangan tanga dari dinas kesehatan dalam menjamin kesehatan masyarakat memerlukan tambahan kualitas pelayanan yang salah satunya dengan merubah bentuk organisasi puskesmas, seperti yang dilakukan pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang.

Puskesmas dinoyo ditergetkan menjadi BLUD ketika 2019 mendatang dan berdasarkan keputusan tersebut dilakukanlah usaha-usaha untuk mempersiapkan perubahan organisasi. Beberapa aspek seperti SPM, tatakelola, RSB dan tidak luput keuangan menjadi fokus para pelaku perubahan untuk dipersiapkan. Hal tersebut menarik peneliti untuk menggali pemaknaan yang nampak dari informan terkait guna melihat peranan akuntansi didalam proses persiapan perubahan akuntansi melalui kacamata teori institusional.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dan interpretif sebagai paradigma penelitian. Pemaknaan atas peran akuntansi digali melalui wawancara tidak terstruktur pada informan yang merupakan bendahara dan kepala Puskesmas Dinoyo. Pengamatan dan dokumentasi juga dilakukan peneliti guna memperkaya data yang dikumpulkan.

Hasil penelitian menghasilkan bahwa perubahan organisasi yang dilakukan puskesmas dinoyo didasari faktor kuat yaitu Coercive isomorphism yang merupakan wujud dari “paksaan” dari kuasa yang lebih tinggi dalam hal ini pemerintah. Normative isomorphismpada faktor perubahan organisasi juga mendukung perubahan dengan adanya pelatihan yang menyajikan standar-standar pelaporan, walaupun ada sisi negatif karena informan menunjukkan pemaknaan yang tidak siap dan enggan dengan adanya peruabahan tersebut. Aspek mimetic isomorphismhanya terlihat pada proses pelatihan.

Peran akuntansi dalam proses persiapan ditunjukkan dengan kebergunaan data keuanagan dalam pembuatan laporan yang dipersyaratkan. Pemaknaan secara NormativeIsomorphism lebih pada kekhawatiran informan terkait pendanaan yang akan dijalani ketika menjadi BLUD. Aspek CoerciveIsomorphism ditunjukkan melalui pendampingan dari dinas kesehatan, pelatihan yang juga diprakarsai dinas karena menjalankan ketentuan regulasi yang ada dan dengan dorongan dari kekuasaaan yang mengikat, maka timbullah pemaknaan yang pasrah “bagaimana nanti”. Mimetic terlihat pada pelatihan yang dituntut untuk meniru praktik BLUD melalui paparan konsultan.