SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi Auditor dan Audit Tenure Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Kota Malang)

PUTRI PRASETYANINGSIH

Abstrak


Prasetyaningsih, Putri. 2017. Pengaruh Kompetensi Auditor dan Audit Tenure Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik  Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd, M.SA.

 

Kata Kunci: Kompetensi Auditor, Audit Tenure, Kualitas Audit.

 

Perusahaan diwajibkan untuk menyediakan laporan keuangan yang dipercaya dan berkualitas yang telah diaudit sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. Hal tersebut membuat suatu perusahaan melibatkan profesi akuntan publik sebagai pihak ketiga khususnya auditor untuk memeriksa laporan keuangan sehingga dapat dipertanggung jawabkan kepada pihak luar. Akan tetapi, sampai saat ini berbagai masalah bisnis yang melibatkan profesi akuntan publik masih sering terjadi dan banyak diperbincangkan. Salah satu permasalahan tersebut adalah kualitas audit, sehingga menuntut auditor untuk selalu meningkatkan kualitas audit yang dimilikinya agar dapat menyelesaikan tugasnya dengan maksimal. Beberapa faktor yang diindikasikan berpengaruh terhadap kualitas audit yaitu kompetensi auditor dan audit tenure.

Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui pengaruh kompetensi auditor dan audit tenure terhadap kualitas audit yang bertempat di Kantor Akuntan Publik Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 auditor yang bekerja di KAP Kota Malang yang keseluruhan populasi tersebut dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, serta data yang dihasilkan tersebut akan diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi (α) yaitu 0,05.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kompetensi auditor yang diukur dengan pengetahuan dan pengalaman. Masing-masing memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 dan 0,024, sedangkan audit tenure berpengaruh terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi auditor dan audit tenure menjadi salah satu faktor penentu kualitas audit seorang auditor.

Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan metode pengambilan informasi penelitian dan menggunakan indikator rotasi audit dalam pengukuran audit tenure.