SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Turen dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderasi

HANIFAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanifah. 2018. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Turen dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S. E., M. Si, Ak.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar mata pelajaran Akuntansi dasar, self efficacy

Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi psikis, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan belajar, guru dan lainnya. Faktor internal salah satunya yaitu faktor intelegensi, dimana pada penelitian ini yang digunakan yaitu Kecerdasan Logis Matematis, kecerdasan ini adalah kemampuan seseorang dalam bidang angka dan logika, pada mata pelajaran akuntansi dasar erat kaitannnya dengan angka dan logika, selain itu faktor yang mepengaruhi hasil belajar yaitu keterampilan metakognitif, keterampilan metakognitif adalah kemampuan seseorang untuk mengatur cara belajarnya. Self efficacy digunakan untuk memoderasi pengaruh kedua varibel tersebut terhadap hasil belajar.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kecerdasan logis Matematis dan Keterampilan Metakognitif, Variabel dependen adalah hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar, dan variabel moderasi yaitu self efficacy. Peneliti memilih SMK Negeri 1 Turen sebagai tempat penelitian dan menjadikan siswa kelas X Akuntansi keuangan dan lembaga sebagai sampel. Jumlah populasi sebanyak 143 siswa, dalam pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, diperoleh hasil sebanyak 108 siswa. Pengumpulan data menggunakan data primer berupa tes dan penyebaran angket. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif jenis ex post facto dan eksplanasi dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji T dan (2) Uji MRA

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis brengaruh positif dan signifikan sebesar 21% dan tingkat signifikannya 0,000    lebih kecil  0,05, sedangkan untuk self efficacy memoderasi pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar berpengaruh positif dan signifikan dengan meningkatkan adjusted R square dari 21% menjadi 25,8% dan tingkat signifikansinya yaitu 0,013    lebih kecil  0,05. Untuk keterampilan metakognitif mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan adjusted R square sebesar 3% dan tingkat signifikansinya yaitu 0,039, sedangkan self efficacy memoderasi pengaruh keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikasn, meningkatkan pengaruh dari 3% menjadi 7,2% dan tingkat signifikansinya yaitu 0,295   >0,05. Saran yang dituju yaitu: (1) Bagi Siswa yaitu siswa dapat mengembangkan kemampuannya untuk meningkatkan hasil belajar, (2) Bagi Guru yaitu harus benar-benar memperhatikan perkembangan masing-masing siswa, (3) Bagi peneliti selanjutnya memberikan tes kecerdasan logis matematis yang seimbang antara matematika dasar dan mata pelajaran akuntansinya.

 

SUMMARY

 

Hanifah. 2018. The Influence of Mathematical Logical Intelligence and Metacognitive Skill on Basic Accounting Subject Learning Outcomes of Students at X Financial and Institutional Accounting Class in SMK Negeri 1 Turen with Self-Efficacy As Moderation Variable. Sarjana’s Thesis, Department of Accounting, Faculty of Economics Universitas Negeri Malang.  Advisor: Dr. H. Tuhardjo, S. E., M. Si, Ak.

 

Keywords: Mathematical Logical Intelligence, Metacognitive Skill, Basic Accounting Subject Learning Outcomes, self efficacy.

Learning outcomes can be influenced by internal and external factors. Internal factors include psychic, while external factors include learning environment, teachers and others. One of internal factors is intelligence factor, where in this research, it is used the Mathematical Logical Intelligence, this intelligence is someone’s ability in the realm of numbers and logic on basic accounting subject which is related to numbers and logic. Besides, factor that influences learning outcomes is metacognitive skill which is someone’s ability to organize the way of learning. Self efficacy is used to moderate the influence of those two variables on learning outcomes.

The independent variables in this research are Mathematical Logical Intelligence and Metacognitive Skill, while the dependent variable is basic accounting subject learning outcome and the moderation variable is self efficacy. The researcher chooses SMK Negeri 1 Turen as a place of study and makes the students at X Financial and institution accounting class as the sample. The total of population amounts 143 students, the sample selection is done using simple random sampling. The determination of sample is done using slovin formula, it is obtained the result amounted 108 students. Data collection is done using primary data in the form of test and questionnaire. The research method used is ex post facto and explanation quantitative with data analysis as follows: (1) T Test and (2) MRA Test.

The result of this research indicates that mathematical logical intelligence gives positive and significant influence amounted 21% with significance score of 0.000     lebih kecil  0.05, while self efficacy moderates the influence of mathematical logical intelligence on basic accounting subject learning outcomes positively and significantly by increasing adjusted R square from 21% to 25.8% and the significance score 0.013     lebih kecil  0.05. For metacognitive skill has positive and significant influence with adjusted R square amounted 3% and its significance score is 0,039, whereas self efficacy moderates the influence of metacognitive skill on basic accounting subject learning outcomes positively but not significantly, it increases from 3% to 7, 2% and the significance score is 0.295   > 0.05. The researcher gives suggestions for: (1) Students, to develop their abilities in order to improve learning outcomes, (2) Teacher, to pay attention to development of each student, (3) Next researcher, to provide mathematical logical intelligence test that is balance between basic math and accounting subject.