SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SPREADSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 1 PASURUAN

Titah Palupi

Abstrak


ABSTRAK

 

Palupi, Titah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Spreadsheet berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Spreadsheet, Project Based Learning

Berdasarkan hasil pengamatan di SMK Negeri 1 Pasuruan, ditemukan bahwa banyak siswa dan guru memiliki smartphone yang bersistem android, namun smartphone tersebut kurang dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan. Siswa kurang memanfaatkan google, UC Browser, mozilla firefox yang ada di smartphone untuk mencari pengetahuan baru. Fasilitas yang disediakan oleh sekolah seperti wifi gratis juga belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru dan siswa. Selain itu, bahan ajar yang digunakan oleh siswa masih berbasis KTSP dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik siswa untuk belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan dan efektivitas perangkat pembelajaran spreadsheet berbasis project based learning berupa RPP, handout, media pembelajaran, dan soal evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pasuruan pada kelas X Akuntansi 3. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan desain penelitian Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah, yaitu (1) Analisis Kebutuhan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Ahli, (4) Revisi Produk 1, (5) Uji Coba Lapangan, (6) Revisi Produk 2, dan (7) Produk akhir. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli perangkat pembelajaran, dan pengguna (guru dan siswa). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan tes. Teknik analisis data untuk menguji kelayakan produk menggunakan teknik analisis deskriptif persentase, sedangkan untuk menguji efektivitas produk menggunakan uji paired sample t-test.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran spreadsheet sangat valid/ sangat layak untuk digunakan dengan rata-rata keseluruhan sebesar 89,98%. Hasil pretest dan posttest siswa kelas X AK 3 pada saat uji coba lapangan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran spreadsheet berbasis project based learning.