SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas X Akuntansu Di SMKS Kepanjen Malang

NENENG OKTAVIA MELIANNAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Meliannawati, Neneng Oktavia. 2018. Pengaruh Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas X Akuntansu Di SMKS Kepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.,Ak.

 

Kata Kunci : Self-Efficacy, Prokrastinasi akademik, Kecurangan Akademik

Kecurangan akademik merupakan ketidak jujuran akademik, perilaku menyontek tugas teman, menyalin pekerjaan teman pada saat tes, Plagiarism dan menghambil keuntungan (lemahnya pengawasan) pada saat ujian seperti membawa catatan kecil, melihat handphone, dan lain-lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik diantaranya adalah self-efficacy dan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh self-efficacy terhadap perilaku kecurangan akademik (2) pengaruh prokrastinasi akademik terhadap kecurangan akademik.

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi kelas X SMKS Kepanjen yang berjumlah 195 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 131 siswa yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan munggunakan skala likert untuk mengukur variabel-variabel penelitian.

Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi liniear berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh negatif terhadap kecurangan akademik sebesar -2,405 dengan ttabel sebesar -1,656 sedangkan prokrastinasi akademik memiliki pengaruh positif terhadap kecurangan akademik sebesar 8,137 dengan ttabel sebesar 1,656. Dapat disimpulkan bahwa semakin rendah self-efficcay maka semakin tinggi pula kecurangan akademik yang dilakukan dan semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin tinggi pula kecurangan akademik yang dilakukan oleh siswa.