SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 12 Malang

RATNA DEWI ARIFYANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Arifyanti, Ratna Dewi. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci: persepsi, kompetensi profesional guru, kemandirian belajar siswa, prestasi belajar akuntasi.

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu kompetensi guru dan kemandirian belajar siswa. Kompetensi guru sangat berengaruh dalam proses belajar mengajar. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi profesional guru. Seorang guru yang dianggap memiliki kompetensi profesional yang baik oleh siswanya akan menjadikan siswa bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain kompetensi guru, kemandirian belajar siswa juga memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar. Dengan kemandirian belajar siswa memiliki kesadaran diri dan inisiatif untuk mengelola jadwa belajar serta terampil mencari sumber belajar yang diikuti dengan rasa tanggung jawab, pantang menyerah dan percaya diri yang tinggi sehingga prestasi belajar yang baik pun akan tercapai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar akuntansi, (2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa akuntansi, (3) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi professional guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi di SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi di SMK Negeri 12 Malang yang berjumlah 142 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 105 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala Likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kemandirian belajar siswa mempunyai pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap prestasi belajar akuntansi. Pengaruh simultan sebesar 36,6% sedangkan masing-masing variabel bebas menyumbang sebesar 30,73% (persepsi siswa tentang kompetensi professional guru) dan 5,87% (kemandirian belajar siswa). Persepsi siswa tentang kompetensi professional guru mempunyai pengaruh yang dominan terhadap prestasi belajar akuntansi.