SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Asimetri Informasi, Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2012-2016)

AMALINDA LAILATUL CHOIRIAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Choiriah, Amalinda L. 2018. Pengaruh Asimetri Informasi, Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang. Sugeng, S.E, M.A, M.M, Ak

 

Kata Kunci: asimetri informasi, corporate governance, ukuran perusahaan dan     manajemen laba

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh asimetri infromasi, corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada sector perbankan dengan menggunakan indicator masing-masing variabel asimetri dihitung menggunakan spread, corporate governance menggunakan proksi dari komposisi dewan komisaris dan ukuran komite audit, sedangkan ukuran perusahaan menggunakan indicator log natural.

Pada sub sector jasa keuangan, asimetri informasi masih menjadi hal yang fenomenal dikalangan investor terkait kasus pada Citibank dan Tindak Pidana Bank lainnya. Sehingga laporan keuangan pada perbankan menjadi salah satu hal utama untuk investor memprediksi kinerja manajer selain penerapan corporate governance. Ukuran perusahaan menjadi factor utama permodalan dalam mendapatkan return investasi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat tindak opportunisticmanaje dalam pengelolaan keuangan terhadap perusahan perbankan selama periode 2012-2016.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel asimetri informasi (x1) tidak berpengaruh terhadap manajemen laba (y) dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,244. Proksi dari corporate governance: komposisi dewan komisaris dan ukuran komite audit(x2adan x2b) juga tidak berpengaruh terhadap manajemen laba hasil signifikans dewan komisaris sebesar 0,245 sedangkan untuk ukuran komite audit sebesar 0,106. Dan untuk variable ukuran perusahaan nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara simultan ketiga variabel tersebut X dan Y berpengaruh dengan signifikansi 0,004. Adjusted R square dalam penelitian ini sebesar 0,111 artinya seluruh variabel X tehadap Y memiliki pengaruh sebesar 11,1%  sisanya 88,9%  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini yang berpengaruh hanya ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Saran-saran yang dapat disampaikan sehubungan dengan variabel asimetri informasi dan corporate governance tidak berpengaruh adalah dengan mencoba indicator selain spreaduntuk asimetri informasi dan dengan proksi lain dari corporate governance.