SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN KEBIJAKAN HUTANG SEBGAI VARIABEL MODERATOR

RANGGA WAHYU PRAHADIVTA

Abstrak


ABSTRAK

Prahadivta, Rangga Wahyu. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Moderator (Pada Perusahaan LQ-45 Yang Listing di BEI Tahun 2007-2010). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hj. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak . (II) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.

 

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Harga Saham

 

            Tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan agar mempunyai nilai lebih jika dibandingkan dengan perusahaan lain apabila kinerjanya baik, nilai perusahaan identik dengan harga saham perusahaan, jadi semakin tinggi harga saham maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Dalam meningkatkan harga saham manajer memperhatikan beberapa kebijakan yaitu kebijakan investasi, kebijakan pembiayaan, dan kebijakan dividen. Secara teoritis kebijakan dividen dan kebijakan hutang memiliki pengaruh terhadap harga saham, jadi semakin tinggi dividen dan hutang perusahaan maka akan memberikan pengaruh terhadap tinggi rendahnya harga saham.

            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh kebijakan dividen terhadap harga saham dengan kebijakan hutang sebagai variabel moderator. Obyek penelitian ini adalah perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2007-2010, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan tingkat signifikasi 5%

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara kebijakan dividen terhadap harga saham, terdapat pengaruh negatif antara kebijakan hutang terhadap harga saham, dan tidak terdapat pengaruh antara kebijakan dividen terhadap harga saham dengan kebijakan hutang sebagai variabel moderator.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan terhadap seluruh perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sehingga dapat diperoleh jumlah populasi yang lebih banyak dan mendapatkan hasil yang lebih mencerminkan pengaruh kebijakan dividen terhadap harga saham dengan kebijakan hutang sebagai variabel moderator.