SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi dan Due Professional Care Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang)

Ganjar Setyogati

Abstrak


RINGKASAN

 

Setyogati, Ganjar. 2018. Pengaruh Kompetensi dan Due Professional Care Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak, CA.

 

Kata Kunci: Kompetensi, due professional care, kualitas audit

Banyaknya skandal kecurangan laporan  keuangan yang terjadi di Indonesia membuat kepercayaan investor, kreditor, dan masyarakat umum terhadap profesi akuntan publik menurun, namun pada dasarnya profesi akuntan publik merupakan profesi mulia yang dapat dipercaya oleh seluruh kalangan masyarakat. Kasus yang menimpa PT. First Travel tersebut menjadi bahan pelajaran bagi auditor untuk memperhatikan kualitas auditnya agar para pengguna laporan keuangan dapat percaya untuk berbagai pengambilan keputusan. Hal ini sejalan dengan teori De Angelo (1981:186) mengungkapkan kualitas audit yaitu sebagai probabilitas dimana seorang auditor menemukan dan melaporkan tentang adanya suatu pelanggaran dalam sistem akuntansi kliennya. Definisi kualitas audit tersebut menjelaskan bahwa untuk menghasilkan kualitas audit yang baik auditor harus berkompeten serta memiliki kehati-hatian profesional yang tinggi, agar segala bentuk pelanggaran atau salah saji yang dilakukan oleh kliennya dapat dengan mudah ditemukan.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh kompetensi (X1), dan due professional care (X2) terhadap kualitas audit (Y) dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah 75 auditor pada 6 kantor akuntan publik. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersifat kuantitatif yaitu data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya dengan menggunakan kuisioner

Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial: (1) kompetensi tidak berpengaruh terhadap kualitas audit dan (2) due professional care berpengaruh terhadap kualitas audit. Secara simultan kompetensi dan due professional care auditor berpengaruh terhadap kualitas audit.