SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Opini Audit Terhadap Audit Report Lag (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Rizky Bagus Handoko

Abstrak


RINGKASAN

 

Handoko, Rizky Bagus. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Opini Audit Terhadap Audit Report Lag (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Skripsi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si, Ak., (II) Sulastri, S.Pd, MSA.

 

Kata Kunci:  Audit Report Lag, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Opini Audit.

Laporan keuangan yang dibuat sebagai sarana informasi kepada stakeholder haruslah berkualitas, salah satu karakteristik laporan keuangan adalah relevan. Relevansi laporan keuangan ditunjukkan oleh jangka waktu pelaporan keuangan atau biasa disebut audit report lag. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi Audit report lag. Beberapa faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, likuiditas, dan opini audit.

Penelitian ini menggunakan data populasi perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2013-2015. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode penarikan sampel purposive dengan total sampel 108 perusahaan. jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi. Model analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap audit report lag dan likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap audit report lag. Sedangkan leverage dan opini audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audit report lag. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam menentukan lamanya waktu penyusunan laporan keuangan oleh perusahaan sebelum diserahkan kepada auditor. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah menggunakan proksi variabel independen lainnya, dapat mengukur audit report lag sejak perusahaan menyelesaikan laporan keuangan, menggunakan sampel perusahaan selain perusahaan perbankan seperti perusahaan multifinance.