SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aurora 3D Presentation Pada Mata Pelajaran Spreadsheet Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan

Rochma Saidah

Abstrak


ABSTRAK

Saidah, Rochma. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aurora 3D Presentation Pada Mata Pelajaran Spreadsheet Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aurora 3D Presentation, Spreadsheet

Pesatnya kemajuan teknologi dan informasi yang terus menciptakan berbagai inovasi memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam diri peserta didik. Serta kemajuan teknologi perlu diimbangi dengan kreativitas seorang pendidik dalam memanfaatkan kemajuan teknologi dan mampu menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dengan baik.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation pokok bahasan aplikasi program pengolah angka untuk siklus akuntansi jasa dan dagang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yang sudah dimodifikasi oleh peneliti meliputi langkah-langkah: (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna (guru dan siswa). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket. Teknik analisis data untuk menguji kelayakan produk menggunakan teknik analisis deskriptif persentase.

Hasil validasi ahli materi mencapai 87% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi ahli media mencapai 85% dengan kriteria sangat valid, hasil uji coba responden guru mencapai 93% dengan kriteria sangat valid, sedangkan responden siswa mencapai 86% dengan kriteria sangat valid. Dari hasil analisa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation pada mata pelajaran Spreadsheet X Akuntansi SMK dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi siklus akuntansi perusahaan jasa di SMK Negeri 1 Pasuruan.

Saran kepada pengembangan produk selanjutnya yaitu: (1) Produk ini dibuat khusus untuk mata pelajaran Spreadsheet pada Kompetensi Dasar Membuat format aplikasi Spreadsheet Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, (2) Pengembangan media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation ini dapat diperbarui ke versi yang lebih baik yang memiliki fitur tambahan sehingga dapat menarik dan memotivasi siswa selama pembelajaran, dan (3) Peneliti selanjutnya lebih baik mengukur tingkat efektivitas tidak hanya dari hasil angket saja melainkan juga dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik serta hasil dari evaluasi yang terdapat dalam media pembelajaran.