SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Media Evaluasi Berbasis Komputer (CBT) Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Keuangan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen

Firdha Aditya Dewi Ashary

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Ashary, Firdha Aditya Dewi. 2018. Penerapan Media Evaluasi Berbasis Komputer (CBT) Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Keuangan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Suparti, M.P., (II) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: Media Evaluasi Berbasis Komputer, Wondershare Quiz Creator, Hasil Belajar

 

Media evaluasi merupakan sarana fisik untuk merangsang siswa belajar dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Media evaluasi saat ini masih dilaksanakan dengan menggunakan media kertas dan bolpoin (paperbased). Hal tersebut menjadi tidak efektif dan efisien dikarenakan memakan waktu lebih banyak serta guru terkadang tidak konsisten dalam memberikan penilaian. Media evaluasi berbasis komputer dengan wondershare quiz creator diharapkan dapat mengatasi masalah ketidakefektifan dari media evaluasi paperbased. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media evaluasi berbasis komputer dengan wondershare quiz creator dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KU di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X KU 1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dan X KU 2 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen.

Dari hasil uji prasarat diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian (Ha) menggunakan uji independent sample T test diperoleh Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya penggunaan media evaluasi berbasis komputer dengan menggunakan wondershare quiz creator dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dibandingkan menggunakan media evaluasi paperbased.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan media evaluasi berbasis komputer dengan menggunakan wondershare quiz creator dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dibandingkan dengan menggunakan media evaluasi paperbased. Oleh karena itu, pihak sekolah diharapkan sering memberi pelatihan dan sosialisasi tentang penggunaan media evaluasi berbasis komputer khususnya media evaluasi wondershare quiz creator, dan guru diharapkan lebih mengoptimalkan media evaluasi berbasis komputer dengan menggunakan wondershare quiz creator pada pokok bahasan akun buku besar dan persamaan dasar akuntansi, serta menerapkan media ini pada pokok bahasan lain.