SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang

Bhasma Dwi Putri Ayu Sari Hernawati

Abstrak


RINGKASAN

 

Hernawati, Bhasma Dwi Putri Ayu Sari. 2018. Penerapan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf  Nuris, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, guru akuntansi, pembelajaran akuntansi

Pendidikan merupakan suatu proses yang strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu bentuk pendidikan formal yang bertujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Untuk mensukseskan tujuan tersebut diperlukan berbagai komponen pendidikan, salah satunya adalah guru. Sebagai pendidik profesional, guru harus memiliki kualifikasi dan kompetensi tertentu, salah satunya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kedua kompetensi tersebut adalah kompetensi yang mutlak perlu dikuasai guru. Penguasaan pedagogik dan profesionalisme seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar merupakan suatu keharusan dalam mewujudkan sekolah berbasis pengetahuan.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk (1) menggambarkan kompetensi pedagogik guru pada pembelajaran akuntansi, (2) menggambarkan kompetensi profesional guru pada pembelajaran akuntansi. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Malang. Subjek penelitian ini adalah empat guru akuntansi di SMK Negeri 1 Malang yang mengajar mata pelajaran akuntansi dasar, akuntansi perusahaan dagang, akuntansi keuangan, akuntansi manufaktur, spreadsheet, dan komputer akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentansi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru akuntansi di SMK Negeri 1 telah menguasai kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Hal ini dibuktikan dengan tanggapan dari guru akuntansi yang menunjukkan bahwa guru telah menerapkan setiap indikator pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik guru ditunjukkan dengan guru mampu mengetahui karakteristik dan potensi peserta didik, guru mampu menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran dan melakukan evaluasi pendidikan, serta guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Sedangkan kompetensi profesional guru ditunjukkan dengan kemampuan guru dalam menguasai dan mengembangkan materi pelajaran serta mengikuti pelatihan ataupun program keahlian berkelanjutan guna meningkatkan keprofesionalan.