SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio 8 pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar

DWI KATTELEYA HARWIN PUTRI

Abstrak


RINGKASAN

 

Putri, Dwi Katteleya Harwin. 2018.Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio 8 pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf  Nuris, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, autoplay media studio 8, akuntansi dasar, siklus akuntansi perusahaan jasa

Pembelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Malang masih menggunakan media pembelajaran konvensional hanya berupa papan tulis. Pembelajaran hanya dengan bantuan papan tulis membuat siswa kurang termotivasi dalam belajar dengan ditandai banyak siswa yang bosan dan kehilangan fokus dalam pembelajaran. Dikarenakan sedikitnya motivasi belajar siswa, minat belajar terhadap mata pelajaran Akuntasi Dasar pun juga berkurang. Hal ini berakibat pada ketidakmaksimalan pada hasil belajar Akuntansi Dasar, dimana banyak siswa yang memiliki nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan sekolah pada ulangan harian. Fasilitas di SMKN 1 Malang telah memungkinkan untuk penerapan media pembelajaran berbasis ICT.

Penelitian ini merupakan pengembanganmenggunakan model ADDIE. Adapun tahapan yang dilalui dalam penelitian ini adalah: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian uji coba lapangan dilakukan di SMKN Malang 1 pada peserta didik kelas X AKL3 pada 33 siswa.

Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan Autoplay Media Studio 8 sebagai media pembelajaran berdasarkan: (1) Dari hasil validasi media diperoleh skor dengan total 95,2% yang termasuk  dalam kategori “Sangat Layak”, (2) Dari hasil validasi materi diperoleh total skor sebesar 81% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Saat uji coba pengguna kepada 33 orang siswa mendapatkan total skor 2138 dari total skor 2508 dengan persentase 85% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”

Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan Autoplay Media Studio 8 ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran pada materi Siklus Akuntansi perusahaan jasa.

 

SUMMARY

 

Putri, Dwi Katteleya Harwin. 2018.Developing Teaching Media UsingAutoplay Media Studio 8 in Basic Accounting Subjects.Sarjana’s thesis.Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dudung Ma’ruf  Nuris, S.Pd, M.Pd

 

Keyword:Interactive Learning Media, Autoplay Media Studio 8, Basic Accounting, Accounting Cycle in Service Company.

Basic accounting class in SMK Negeri 1 malang still utilizes conventional teaching media such as whiteboard and pen as its main tools. Unfortunately, these media affect students’ motivation and interest in learning. It is shown that students have less concentration during learning teaching activity. Students’ scores are also poorly impacted by these conventional media. It did not passing daily score which already adjusted by the school. The school is apparently eligible for being applied ICT-based teaching media for it already has computer laboratory and most of the students also have their own laptops or personal computer (PC).

This is a Research adapting model ADDIE. This study employed these steps on its implementation: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation. The media has been validated by material and content expert in accounting and teaching media. Field testing was conducted in SMKN 1 Malang joined by 33 students from X AKL3 class.

Based on the finding, it is implied that using Autoplay Media Studio 8 as teaching media is effective in improving learning outcomes. Media expert validation offered score 95,2% which indicates strongly appropriate. Material and content expert came with the score of 81% which indicates strongly appropriate. When it comes to field testing, it generated score 2138 from 2508 with percentage 85% and indicated as strongly appropriate.

To sum up, using Autoplay Media Studio 8 as an interactive media to teaching accounting cycle in Service Company subject produced positive effects. This media is highly appropriate to be used in teaching learning activity.