SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN REAL ESTATE AND PROPERTY YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2007

Danova Silvana

Abstrak


ABSTRAK

 

Silvana, Danova. 2010. Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate and Property yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2005 - 2007. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: DR. Nurika Restuningdiah, S.E, M.Si. Ak. Pembimbing II: Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M.Ed

 

 

Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) , dan Harga Saham

 

Dalam setiap pengambilan keputusan investasi, investor selalu dihadapkan pada suatu ketidakpastian. Untuk memperkecil adanya suatu resiko maka investor perlu melakukan suatu analisis terhadap kinerja keuangan perusahaan, sehingga investor dapat menilai prospek dari perusahaan yang menjual sekuritas tersebut dalam rangka mendapatkan return yang sesuai dengan harapan. Salah satu bentuk investasi yang banyak diminati investor adalah saham. Ada beberapa rasio keuangan yang digunakan investor untuk menilai kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini diambil dua variabel yang berpengaruh terhadap harga saham yaitu Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data saham, penjualan, laba bersih dan EPS. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Real Estate and Property yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2007 sebanyak 40 perusahaan. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel dalam penelitian adalah berjumlah 27 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Uji regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh antara variabel Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER)  terhadap variabel harga saham secara parsial maupun secara simultan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) mempunyai pengaruh terhadap harga saham pada periode penelitian, sedangkan secara parsial hanya variabel Earning Per Share (EPS) yang mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain  yang lebih potensial memberikan kontribusi terhadap perubahan variabel harga saham, seperti misalnya tingkat inflasi, suku bunga Bank Indonesia, kebijakan pemerintah, serta kondisi pasar. Disarankan juga untuk menambah periode observasi, dan jumlah sampel penelitian, misalnya untuk semua perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia, sehingga hasilnya lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia yang sesungguhnya.