SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Fenomenologi Tentang Personal Finance Management pada Hallyu wave Fandom Army BTS Kota Malang

Irma Kurniasari

Abstrak


RINGKASAN

 

Kurniasari, Irma. 2018. Kajian Fenomenologi Tentang Personal Finance Management Pada Hallyu Wave Fandom Army BTS Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak, CA, CMA, CSRS

 

Kata Kunci: personal finance management, hallyu wave, army BTS, Kota Malang

Globalisasi memberikan dampak terhadap penyebaran budaya yang menghilangkan batasan antar negara. Mudahnya persebaran didukung oleh teknologi, informasi dan komuniaksi yang semakin pesat di era ini. Hallyu wave sebagai bentuk globalisasi dari Korea Selatan tengah menjadi fenomena menarik untuk dikaji sebab menimbulkan fanatisme dari generasi millennials di Indonesia yang tergabung dalam fandom ARMY BTS. Fanatisme ini ditunjukkan dengan perilaku yang mengikuti tren Korea Selatan dan melakukan pembelian berbagai atribut penggemar yang menimpulkan perilaku konsumtif. Sebagai seorang mahasiswa tentunya kebutuhan kuliah serta kebutuhan pokok sehari-hari harus tercukupi dengan baik sedangkan tingginya minat dan antusiasme akibat bentuk loyalitas membuat informan perlu melaksanakan personal finance management untuk menghindarkan dari permasalahan keuangan. Akibat adanya hallyu wave tentunya membedakan makna personal finance management yang dilaksanakan oleh fandom ARMY BTS dengan yang lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Cara Informan memaknai dan merespon pengalamannya terkait Personal Finance Management, (2) Bentuk Loyalitas Penggemar pada Chyper Army Malang membentuk realitas Personal Finance Management.Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi transendental yang memberikan tafsiran mengenai sebuah fenomena dan menggali sebuh makna dari sesuatu hal dibalik yang tampak. Informan dalam penelitian ini adalah anggota dari Chyper Army BTS Kota Malang yang berjumlah 6 informan.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Masuknya Hallyu wave membuat Personal finance management dimakanai sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagai konsekuensi atas minatnya terhadap BTS yang dilakukan dengan upaya mengumpulkan dana, memanfaatkan dana, mendistribusikan dana yang ditempuh dengan menggunakan cara rasional (2) Loyalitas penggemar membentuk kedisiplinan dalam mengatur keuangannya.