SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, dan Independensi Terhadap Kualitas Audit

Nanda Praditya Suwarno Putra

Abstrak


RINGKASAN

 

Praditya, Nanda. 2018. Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, dan Independensi terhadap Kualitas Audit, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Pengalaman Kerja, Kompetensi, Independensi, Kualitas Audit

Akuntan publik merupakan auditor independen yang menyediakan jasa kepada masyarakat umum terutama dalam bidang audit atas laporan keuangan yang dibuat oleh kliennya. Tugas akuntan publik adalah memeriksa dan memberikan opini terhadap kewajaran laporan keuangan suatu entitas usaha berdasarkan standar yang telah ditentukan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).Berdasarkan hal tersebut maka akuntan publik memiliki kewajiban menjaga kualitas audit yang dihasilkannya.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengalaman kerja, kompetensi, dan independensi terhadap kualitas audit pada KAP di Kota Malang. Pemilihan sample menggunakan purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Dalam penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 10 KAP, serta sampel yang diteliti yaitu sebanyak 6 KAP.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel pengalaman kerja, kompetensi, dan independensi berpengaruh signifikan positif sebesar 25.128. Sedangkan parsial pengalaman kerja berpengaruh signifikan positif sebesar 2.080, kompetensi berpengaruh signifikan positif sebesar 2.211. dan independensi berpengaruh signifikan positif sebesar 2.151. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas daerah penelitian agar didapatkan data yang lebih bervariasi dan menghindari waktu pengambilan kuisioner akhir tahun karena pada waktu itu para auditor cenderung sibuk untuk menyelesaikan pekerjaan audit. Perlu juga dengan menambahkan metode lain seperti wawancara agar hasil penelitian lebih akurat.