SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN METODEACTIVE KNOWLEDGE SHARINGTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SMK NEGERI 06 JEMBER

Fauziah Riantini

Abstrak


RINGKASAN

 

 

Riantini,Fauziah. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Active Knowledge Sharing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi SMK Negeri 06 Jember.Skripsi, Prodi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Ibu Sriyani Mentari, S.Pd, M.M. Pembimbing (2) Dr. Sunaryanto, M. Ed

Kata Kunci:Metode Active Knowledge Sharing, Aktivitas Belajar,dan HasilBelajar.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya guru menggunakan metode pembelajaran yang menjadi pendukung didalam aktivitas belajar mengajar, serta gutu tidak melakukan upaya mengatasi permasalahan bahwa kegiatan belajar mengajar  dikelas sangat monoton, sehingga peran guru didalam kelas cenderung aktif dan membuat siswa terlihat lebih pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut membuat tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara optimal. Dampaknya, pemahaman siswa terhadap materi sangatlah kurang yang ditunjukkan dengan hasil belajar yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Melihat masalah tersebut guru dituntutuntukmampumenerapkan metode pembelajaran yang membantu siswa agar lebih aktif berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran, gunameningkatkan aktivitas danhasilbelajar.Salah satu metodepembelajaran yang dapatdigunakanadalahmetode active knowledge sharing.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmetode active knowledge sharingterhadap aktivitas danhasilbelajarpeserta didik.

Jenispenelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimendalambentukeksperimensemu (quasi eksperimen)dengandesainPretest-Postest Control Group Design.Populasipenelitianiniadalahpesertadidikkelas X AkuntansiSMKNegeri 06Jember.Teknikpengambilansampelmenggunakanpurposive sampling.Kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan metode active knowledge sharing, dan kelas X Ak 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional. Teknikanalisis data menggunakanuji-t menggunakanindependent-sample T-test.

HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPenerapanmetodeactive knowledge sharingberpengaruh positif terhadapaktivitas dan hasilbelajarpesertadidik. Hal inidibuktikandenganhasilobservasi pengamatan dan hasil belajarkelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontroldannilai sign hasilbelajarsebesar 0,000< 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Pendekatan Kelas), menambah jumlah observer sesuai jumlah kelompok, memperluas materi yang akan dieksperimenkan.