SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akuntansi di SMAN 1 Blitar.

yana nurulitasari

Abstrak


ABSTRAK
 
Nurulitasari, Yana. 2010. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Motivasi
Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akuntansi di
SMAN 1 Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan
Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing
(1) Satia Nur Maharani, S.E., M.Si., Ak., (2) Triadi Agung Sudarto, S.E.,
M.Si., Ak.
 
Kata Kunci: Keaktifan berorganisasi, motivasi belajar, prestasi belajar siswa.
 
Sekolah tidak hanya menjadi tempat untuk menuntut ilmu akademik,
tetapi juga ilmu non akademik. Karena pada dasarnya seorang siswa tidak hanya
membutuhkan kecerdasan intelegensi, tetapi juga kecerdasan emosional. Dengan
aktif berorganisasi, siswa akan belajar bertanggung jawab dalam mengelola
waktu. Sehingga, meskipun aktif berorganisasi tetapi siswa tersebut tetap dapat
belajar dengan baik. Organisasi merupakan wadah bagi siswa untuk
mengekspresikan dirinya sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.
Namun, kekhawatiran muncul saat beberapa siswa kesulitan membagi waktu.
Siswa terlalu sibuk berorganisasi sehingga sering meninggalkan pelajaran dan
kesulitan untuk mengejar ketinggalan pelajaran.
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dari siswa yang
menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan
belajar, dan memberi arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki
oleh siswa itu dapat tercapai. Jadi, walaupun siswa tersebut mempunyai
kemampuan intelektual tinggi tetapi jika motivasi belajarnya rendah maka proses
belajarnya tidak berlangsung optimal sehingga akan berpengaruh terhadap prestasi
belajarnya.
Penilaian prestasi belajar terhadap siswa sangat penting karena dapat
diketahui sejauh mana taraf pengetahuan siswa yang dicapai selama mengikuti
proses kegiatan belajar. Dalam penelitian ini, prestasi belajar yang dimaksud
adalah hasil belajar siswa yang diambil dari nilai raport siswa. Penelitian ini
mempunyai tujuan untuk menganalisa secara parsial dan simultan pengaruh
keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas
XI IS di SMAN 1 Blitar pada bidang studi akuntansi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel keaktifan
berorganisasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi
dan motivasi belajar juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar
akuntansi. Kepala sekolah dan guru diharapkan selalu memberikan bimbingan dan
dukungan kepada anak didiknya untuk lebih meningkatkan keaktifan
berorganisasi agar dapat menyalurkan bakat dan minat siswa serta dapat 
mengembangkan aspek kepribadian siswa secara optimal. Siswa sendiri
diharapkan dapat memilih kegiatan organisasi yang sesuai dengan kemampuan
dan bakat yang dimiliki serta dapat mengelola waktu dengan baik. Sedangkan
untuk peneliti lain hendaknya mengambil sampel tidak hanya dari kelas IS tetapi
juga kelas IA di SMAN 1 Blitar, sehingga dapat diketahui pengaruh keaktifan
berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar secara menyeluruh