SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Creative Thinking Abilities Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung

Alvin Reonaldo

Abstrak


RINGKASAN

 

Reonaldo, Alvin. 2018. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Creative Thinking Abilities Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: model problem based learning, creative thinking abilities, akuntansi dasar

Creative thinking abilities adalah kemampuan siswa dalam memberikan ide-ide atau gagasan-gagasan yang bersifat relevan akan suatu masalah. Creative thinking abilities sangat penting dikembangkan di sekolah karena merupakan bagian dari higher order thinking skills. Upaya pengembangan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang menyajikan masalah terkait kehidupan sehari-hari yaitu problem based learning.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui creative thinking abilities siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembagamelalui problem based learning; (2) mengetahui creative thinking abilities siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga melalui model konvensional; (3) membandingkan peningkatan creative thinking abilities melalui model problem based learning dan konvensional siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada mata pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung.

Metode penelitian menggunakan eksperimen semu (quasy-experimental research) dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dengan instrumen pretest dan posttest serta observasi dengan instrumen lembar observasi dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan perbedaan creative thinking abilities dengan menggunakan model problem based learning dan konvensional. Model problem based learning menunjukkan peningkatan creative thinking abilities yang lebih tinggi daripada model konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap creative thinking abilities siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada mata pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru akuntansi dasar dalam meningkatkan creative thinking abilities dapat menggunakan problem based learning. Untuk peneliti selanjutnya, dapat menguji model pembelajaran yang lain agar menambah variasi pembelajaran untuk meningkatkan creative thinking abilities khususnya untuk mata pelajaran akuntansi dasar.