SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aspek Penggunaan Konjungsi dalam Teks Cerita Ulang (Recount) Bahasa Jawa Karya Siswa SMP Negeri 1 Bubulan Kelas VIII-C

Putri Sari Rahmawati

Abstrak


RINGKASAN

 

Rahmawati, Putri Sari. 2018. Aspek Penggunaan Konjungsi dalam Teks CeritaUlang (Recount) Bahasa Jawa Karya Siswa SMP Negeri 1 BubulanKelas VIII-C. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Anang Santoso,M.Pd.

 

Kata kunci: konjungsi, cerita ulang, siswa SMP kelas VIII

Konjungsi merupakan aspek penting dalam karangan, terutama karangan yang ditulis oleh para siswa. Kesalahan dalam pemakaian bahasa, dapat terjadi pada penggunaan konjungsi. Jika dikaji lebih dalam lagi,penggunaan konjungsi di dalam sebuah wacana kadang-kadang diabaikan oleh para siswa ketika menulis sebuah karangan, siswa cenderung tidak peduli konjungsi yang mereka gunakan sudah tepat atau belum. Tidak hanya pada matapelajaran Bahasa Indonesia tetapi dalam matapelajaran Bahasa Jawa konjungsi juga perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis-jenis konjungsi yang terdapat dalam teks cerita ulang bahasa jawa karya siswa SMP kelas VIII-C, (2) fungsi konjungsi yang terdapat dalam teks cerita ulang bahasa jawa karya siswa SMP kelas VIII-C, dan (3) ketidaktepatan penggunaan konjungsi yang terdapat dalam teks cerita ulang bahasa jawa karya siswa SMP kelas VIII-C.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kajian teks atau studi dokumen.Instrumen  penelitian dalam  peneitian  ini  adalah  peneliti  sendiri sebagai instrumen kunci dengan bantuan instrumen pendukung yang merupakan tabel data. Penelitian ini juga menggunakan kriteria untuk memudahkan dalam  pengambilan data dan analisis data. Kriteria yang digunakan adalah kriteria untuk menentukan aspek-aspek konjungsi yang terdapat pada teks cerita ulang. Sebagai instrumen pendukung, peneliti menggunakan tabel identifikasi data sebagai instrumen panduan kodifikasi data dan tabel pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dokumen dengan menggunakan teks cerita ulang, dan teknik dalam analisis data, yaitu identifikasi data, klasifikasi data, kodifikasi data, interpretasi data, dan penyajian data.

Hasil penelitian iniberupa (1) jenis-jenis konjungsi yang terdapat dalam teks cerita ulang bahasa jawa karya siswa SMP kelas VIII-C, hasil analisis terhadap konjungsi koordinatif cerita ulang siswa ditemukan enam konjungsi koordinatif yakni (a) konjungsi penjumlahan, (b) konjungsi pemilihan, (c) konjungsi pertentangan, (d) konjungsi pengurutan, (e) konjungsi penyamaan, dan (f) konjungsi penyimpulan. Sedangkan hasil analisis terhadap konjungsi subordinatif cerita ulang siswa ditemukan lima konjungsi subordinatif yakni (a) konjungsi penyebaban, (b) konjungsi persyaratan, (c) konjungsi tujuan, (d) konjungsi kesewaktuan, dan (e) konjungsi pengakibatan., (2) fungsi konjungsi yang terdapat dalam teks cerita ulang bahasa jawa karya siswa SMP kelas VIII-C, dan (3) ketidaktepatan penggunaan konjungsi yang terdapat dalam teks cerita ulang karya siswa SMP kelas VIII-C, ketidaktepatan penggunaan konjungsi diantaranya, (a) ketidaktepatan penggunaan konjungsi koordinatif ditemukan pada konjungsi koordinatif penjumlahan dan konjungsi koordinatif pengurutan, (b) ketidaktepatan penggunaan konjungsi subordinatif ditemukan pada konjungsi kesewaktuan, konjungsi penyebababan, dan konjungsi tujuan, dan (3) penggunaan konjungsi yang berlebihan.

Saran penelitian ini ditujukan kepada pihak berikut. Pertama, bagi siswa hendaknya perlu memahami perbedaan dan penggunaan masing-masing jenis konjungsi yang telah diajarkan, sehingga dalam membuat teks cerita ulang, siswa dapat menggunakan variasi konjungsi dengan baik dan benar. Kedua, bagi guru/pengajar dari hasil penelitian tersebut dapat dijadikan pertimbangan dalam memberikan pembelajaran mengenai konsep dan penggunaan aspek konjungsi kepada siswa agar siswa dapat memahami jenis-jenis dan fungsi masing-masing konjungsi. Ketiga, bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang serupa, penelitian ini diharapkan mampu menambah khasanah bahan penelitian tentang aspek konjungsi dalam teks cerita ulang bahasa jawa siswa SMP.

 

RINGKASAN

 

Rahmawati, Putri Sari. 2018. Aspects of Conjunction Use in Text of Recount ofJavanese Language by Students of SMP Negeri 1 Bubulan Class VIII-C. Essay.Department of Indonesian Literature, Faculty of Letters, State University ofMalang. Counselor: Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd.

 

Keywords: conjunction, re-story, junior high school class VIII

Conjunction is an important aspect in essay, especially essay written by the students. Errors in language usage, may occur with conjunction usage. If studied more deeply, the use of conjunctions in a discourse is sometimes ignored by students when writing an essay, students tend not to care about the conjunctions they use are correct or not. Not only in Indonesian language but in conjunction Java language learning also needs to be considered. This study aims to describe (1) the types of conjunctions contained in the text of the Java language storytelling by the students of SMP class VIII-C, (2) the function of conjunction contained in the text of the Javanese language storytelling by students of SMP class VIII-C, and (3) the inaccuracy of the use of conjunctions contained in the text of the javanese storytelling by the students of SMP class VIII-C.

This study uses a qualitative approach, with the type of research text review or document studies. The research instrument in this research is the researcher himself as the key instrument with the aid of supporting instrument which is the data table. This study also uses criteria to facilitate data retrieval and data analysis. The criteria used are the criteria for determining the conjunctional aspects found in the recount text. As a supporting instrument, the researcher uses data identification table as an instrument of codification of data and data collection table. Data collection techniques in this study were conducted through documents using text stories, and techniques in data analysis, namely data identification, data classification, data codification, data interpretation, and data presentation.

The results of this research are (1) the types of conjunctions contained in the text of the Javanese storytelling stories of the students of SMP class VIII-C, the results of the analysis of the students' re-coordination conjunction found six coordinating conjunctions namely (a) the sum conjunction, (b) elections, (c) conflictary conjunctions, (d) sequential conjunctions, (e) conjunction equations, and (f) conjunction inference. While the results of the analysis of subordinate conjunctions of the students' repeat stories found five subordinate conjunctions namely (a) causal conjunctions, (b) conjunction requirements, (c) conjunction objectives, (d) conjunctions of timing, and (e) conjunction engagement. (3) the inaccuracy of the use of conjunctions contained in the text of the re-story of the work of junior high school students of class VIII-C, the inappropriateness of the use of conjunctions, (a) the inaccuracy of the use of the coordinating conjunction found in coordinated conjunctive conjunctions and sequential coordinate conjunctions; (b) imprecise use of subordinate conjunctions is found in conjunctions of timing, conjunctive conjunctions, and conjunctions of purpose, and (3) excessive use of conjunctions.

Suggestions for this study, first, for students should understand the differences and uses of each type of conjunction that has been taught, so that in making the story text, students can use conjunction variation properly and correctly. Second, for the teacher / teacher of the results of the research can be considered in providing learning about the concept and use of aspects of conjunction to students so that students can understand the types and functions of each conjunction. Third, for other researchers who want to do a similar research, this study is expected to increase the repertoire of research materials about the aspect of conjunction in the text of the story java language junior high school students.