SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi pada SMK Negeri 6 Jember)

Nurul Syifa

Abstrak


RINGKASAN

 

Syifa, Nurul. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi pada SMK Negeri 6 Jember). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. (II) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc

 

Kata Kunci: persepsi, kompetensi guru, motivasi belajar, hasil belajar

Hasil belajar siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah, pola, struktur, dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang membimbing dan mengajar mereka. Kompetensi guru adalah seperangkat pengertahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru untuk dapat melaksanakan tugas-tugas keprofesionalannya. Kompetensi guru diantaranya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Selain kompetensi yang dimiliki oleh guru, motivasi sangat berperan dalam proses keberhasilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening.

Penelitian ini termasuk jenis pelelitian eksplanasi. Jenis populasi dari penelitian ini termasuk dalam Cluster Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa Akuntansi kelas X dan XI SMK Negeri 6 Jember dan berjumlah 100 responden. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis jalur.

Hasil dalam penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri 6 Jember sebesar 0,266, (2) terdapat pengaruh positif signifikan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri 6 Jember sebesar 0,253, (3) terdapat pengaruh positif signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Negeri 6 Jember sebesar 0,371, (4) terdapat pengaruh positif signifikan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri 6 Jember sebesar 0,228, (5) terdapat pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 6 Jember sebesar 0,194, (6) terdapat pengaruh tidak langsung kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa SMK Negeri 6 Jember sebesar 0,422, (7)  terdapat pengaruh tidak langsung kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa SMK Negeri 6 Jember sebesar 0,277.