SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Pengungkapan Corporate Social Responsibilit (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan

Desinta Dwi Puspitasari

Abstrak


RINGKASAN

 

Dwi Puspitasari, Desinta. 2018. Pengaruh Penerapan Green Accounting Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2014-2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. CA.

 

Kata Kunci: green accounting, corporate social responsibility, nilai perusahaan

Latar belakang penelitian ini perusahaan pertambangan yang berkaitan langsung dengan sumber daya alam terbatas dan bersifat sensitif terhadap dampak pencemaran lingkungan. Hal tersebut menimbulkan kesadaran perusahaan agar menemukan solusi atas masalah tersebut melalui penerapan green accounting dan diwajibkan untuk membuktikan secara fisik dalam bentuk tanggung jawab sosial perusahaan melalui pengungkapan corporate social responsibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan green accounting yang diproksikan dengan PROPER dan pengungkapan corporate social responsibility yang diproksikan dengan kriteria GRI-G4 terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan Tobin’s Q. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2014-2016 dengan pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 11 pengamatan selama periode 3 tahun dan diuji dengan menggunakan SPSS versi 16.

Hasil dari penelitian ini dengan meggunakan uji parsial membuktikan bahwa penerapan green accounting berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi perusahaan menerapkan green accounting maka semakin tinggi pula nilai perusahaan dan begitu sebaliknya. Penerapan green accounting akan mendukung kualitas perusahaan dalam hal lingkungan, semakin luasnya informasi lingkungan yang diungkapkan maka semakin besar pula kepercayaan investor dalam menanamkan investasinya dan secara langsung berpengaruh terhadap pergerakan harga saham yang meningkat.

Pengungkapan corporate social responsibility tidak ada pengaruh terhadap nilai perusahaan. Jadi banyak atau sedikitnya item-item pengungkapan corporate social responsibility perusahaan tidak akan membawa pengaruh apapun terhadap peningkatan nilai perusahaan. Karena sebagian besar perusahaan hanya berfokus pada faktor keuangan dan kurang peduli terhadap faktor lingkungan dan sosial, terbukti dengan pengungkapan yang dilakukan perusahaan masih jauh dari standar yang telah ditetapkan dan tidak konsistennya item-item corporate social responsibility dalam setiap periode yang akan diterima oleh masyarakat dan pemangku kepentingan. Bagi peneliti selanjutnya dapat memperbarui mulainya tahun penelitian dan memperpanjang periode penelitian, memperluas sampel penelitian, menggunakan sumber lain, dan menganalisis pemecahan masalah tentang bagaimana dampak teori-teori yang digunakan.