SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PERBEDAAN RASIO KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (Studi Pada Perusahaan yang Listed di BEI Tahun 2011-2017)

Dewi Nurlayli

Abstrak


RINGKASAN

 

Nurlayli, Dewi. 2018. Analisis Perbedaan Rasio Keuangan Sebelum dan Sesusah Akuisisi (Studi Pada Perusahaan yang Listed di BEI Tahun 2011-2017). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Nurika Restuningdiah, S.E.,M.Si.,Ak.CA.

 

Kata Kunci: Akuisisi, Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Return on Asset

Akuisisi sering dilakukan perusahaan sebagai salah satu strategi untuk mempertahankan keberlangsungan eksistensi dan memperbaiki kinerja keuangan. Perusahaan memilih akuisisi dikarenakan proses yang lebih cepat dibandingkan membangun usaha dari awal. Perbedaan kinerja keuangan dapat diukur dari Current Ratio, Debt to Asset Ratio, dan Return on Asset sebelum dan sesudah akuisisi.

Penelitian ini menggunakan seluruh perusahaan yang melakukan akuisisi  pada tahun 2013-2015 dengan laporan keuangan yang diteliti dimulai tahun 2011 hingga 2017. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposif sampling. Adapun populasi yang digunakan adalah 113 perusahaan dengan sample 27 perusahaan. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji Paired Sample T-Test, dan uji Wilcoxon Signed Rank Test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terjadi perbedaan Current Ratio dan Debt to Asset Ratio setelah akuisisi. Sedangkan Return on Asset mengalami perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu perusahaan sebaiknya memiliki SDM yang mampu menilai, mengelola aktiva dan passiva yang dimiliki perusahaan serta memilih perusahaan mana yang akan dijadikan target akuisisi sehingga keputusan untuk melakukan akuisisi benar untuk dilakukan.