SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Smartphone dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Islam Batu

Ratna Eka Pamuji

Abstrak


RINGKASAN

 

Keberhasilan proses pembelajaran tentu dipengaruhi oleh minat belajar darisiswa. Minat belajar siswa juga dipengaruhi berbagai faktor yang salah satunya adalah persepsi siswa tentang pemanfaatan smartphonesebagai sumber belajar dan fasilitas belajar di sekolah yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan smartphone dan fasilitas belajar di sekolahterhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar di SMK Islam Batu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Akuntantasi dan Perbankan Syariah di SMK Islam Batu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 129 siswa dan dengan teknikproportional random sampling diperoleh sampel sejumlah 98 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dengan menggunakan skala likert 1 sampai 5. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesismenggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 24 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) persepsi siswa tentang pemanfaatan smartphone berpengaruh positif signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar di SMK Islam Batu sebesar 7,76% dengan tingkat sig sebesar 0,036 < 0,05; (2) persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar di SMK Islam Batu sebesar 25,42% dengan tingkat sig sebesar 0,000 < 0,05.

Saran bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian yang serupa, hendaknya menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas, serta menambah variabel penelitian lain karena banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa.