SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung

Khoirun Nisa'

Abstrak


RINGKASAN

 

Nisa’, Khoirun. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Numbered Head Togehther (NHT) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung . Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Discovery Learning, Numbered Head Together, Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar.

Discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru dimana model pembelajaran tersebut mengharuskan siswa untuk secara mandiri menemukan konsep pengetahuan melalui serangkaian proses intuitif sampai pada suatu kesimpulan. Numbered head together (NHT) ialah metode pembelajaran dimana siswa dituntut untuk saling bekerja sama dan aktif dalam berinteraksi sosial. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning melalui NHT  dapat meningkatkan kemampuan interaksi dan komunikasi atau kecerdasan interpersonal dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ialah siswa kelas X akuntansi dan keuangan lembaga 2 SMKN 1 Boyolangu Tulungagung yang terdiri dari 36 siswa. Data diperoleh dari hasil pengamatan observer pada lembar observasi penerapan tindakan, catatan lapangan, angket kecerdasan interpersonal, dan posttest untuk evaluasi hasil belajar siswa.

Temuan selama pelaksanaan tindakan ialah (1) penerapan model discovery learning melalui NHT memerlukan persiapan dan penyesuaian dengan kondisi dan karakteristik siswa, (2) pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siswa tetap memerlukan bimbingan, pengawasan, dan dorongan dari guru, (3) keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran dapat dilihat dari kecerdasan interpersonal dan hasil belajar yang dicapai siswa.

Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model discovery learning melalui NHT dengan menyesuaikan karakteristik subjek yang diteliti. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah hal-hal yang dikaji jika akan melakukan penelitian serupa. Kepada sekolah diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai pertimbangan untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan.

 

SUMMARY

 

Nisa’. Khoirun. 2018. The Implementation of Discovery Learning Through Numbered Head Together (NHT) to Improve Interpersonal Intelligence and Students’ Learning Outcomes in First Grade of Accounting and Financial Institution at SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Sarjana’s Thesis. Departement of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd, M.Pd.

 

Keywords: Discovery Learning, Numbered Head Together, Interpersonal Intelligence, Learning Outcomes

Discovery learning is one of learning model which is compatible with newest curriculum which requires students to find the concept of knowledge independently through sequences of intuitive process to one conclusion. Numbered Head Together (NHT) is a learning method where students are required to work in team and active in social interaction. The purpose of this research is to know how the implementation of discovery learning through NHT in improving students’ interaction capability and communication or interpersonal intelligence and students’ learning outcomes.

This research is type of classroom action research. This research is conducted in two cycles and each cycle consists of two meetings. The research subject is first graders of Accounting and Financial Institution 2 SMKN 1 Boyolangu Tulungagung which is amounted 36 students. The data is collected from observation which is done by observer in implementation of action research sheet, field note, questionnaire of interpersonal intelligence, and posttest to evaluate students’ learning outcomes.

The findings are (1) the implementation of discovery learning model through NHT needs preparation and adjustment towards students’ conditions and characteristics, (2) learning process done by students independently needs guidance, control, and teachers’ supports, (3) students’ successes in learning can be seen from interpersonal intelligence and students’ learning outcomes.

Based on this research, it is suggested to teachers to implement discovery learning model through NHT by adapting the characteristics of subject which is researched. For the next researcher, it is expected to add things that are researched if conducting similar research. For the school, it is expected to make this research as consideration in improving learning and quality of education.