SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) Ditinjau Dari Keterampilan Berwirausaha Dan Laba Usaha

Hesti Rachmawati

Abstrak


RINGKASAN

 

Rachmawati, Hesti. 2018. Keefektifan PMW(Program Mahasiswa Wirausaha) Ditinjau dari KeterampilanBerwirausaha dan Laba Usaha(Studi Kasus Pada Mahasiswa Peserta PMW Di Universitas Negeri Malang Tahun 2017). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: Program Mahasiswa Wirausaha, Keterampilan Berwirausaha, Laba Usaha

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada laba atau profit. Pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pemberian dana hibah diberikan untuk menunjang keterampilan mahasiswa dalam mengelola usaha agar berkembang sehingga prospek laba usaha juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan PMW ditinjau dari keterampilan berwirausaha dan laba usaha pada mahasiswa peserta PMW Tahun 2017 dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data denganlangkahpengumpulan data, reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.Triangulasi yang digunakanadalahtriangulasisumberdantriangulasimetode.

Program Mahasiswa Wirausaha efektif  dalam meningkatkan keterampilan berwirausaha dengan kategori baik karena sudah memenuhi kriteria bahwa mahasiswa memiliki pengetahuan tentang usaha, memiliki pengetahuan praktis, imajinasi dan ide kreatif, serta mampu berkreasi atau inovatif, selain itu mahasiswa juga berorientasi pada masa depan namun belum bisa memprediksi keadaan yang akan datang. PMW juga efektif dalam meningkatkan prospek laba usaha dengan kategori baik karena pemanfaatan dana hibah sudah optimal sehingga produktivitas meningkat, pemasaran produk dilakukan dengan cara yang baik, prospeklaba usaha baik ditandai dengan adanya peningkatan penawaran produk, namun mahasiswa belum konsisten dalam melakukan pencatatan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model evaluasi CIPPdilihat dari beberapa aspek yaitu evaluasi context cukup baik, evaluasi inputdilihat dari pemilihan penyelenggara PMW UM sangat baik , seleksi peserta sangat baik, dan pendanaan cukup baik. Evaluasi processdilihat dari jadwal kegiatan PMW UM dalam kategori baik, kinerja penyelenggara sangat baik sesuai dengan kriteria.Hasil evaluasi productyakni dampak PMW UM dalam kategori sangat baik. Perkembangan keterampilan mahasiswa dalam kategori baik dan prestasi terkait prospek laba usaha mahasiswa dalam kategori baik.