SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN AMBIL (Accounting Mobile Learning) AUDIO-VISUAL DAN KUIS “Act Count Think” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR

Selfiana Purnamasari Hanafi

Abstrak


RINGKASAN

 

Hanafi, Selfiana. 2018. Penggunaan AMBIL (Accounting Mobile Learning) Audio-Visual dan Kuis “Act Count Think” untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: active learning, akuntansi dasar, Solomon four group, youtube

Untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran, maka guru harus memperhatikan dan menyesuaikan materi, metode, alat, media serta sumber belajar yang digunakan. Keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh metode pembelajaran dan media pembelajaran. Kedua komponen tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, penggunaan dan pemilihan salah satu metode pembelajaran tertentu mempunyai konsekuensi pada penggunaan jenis media pembelajaran yang sesuai. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka pokok bahasan dalam penelitian ini adalah penyusunan daftar akun, dan pemrosesan entri jurnal. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran cooperative learning, dengan model active learning berbasis permainan berupa kuis act count think. Media pembelajaran yang digunakan berupa AMBIL audio-visual, menggunakan mobile phone sebagai alat, dan beberapa video dari YouTube sebagai sumber belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan AMBIL (Accounting Mobile Learning) audio-visual dan kuis act count think terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar pokok bahasan penyusunan daftar akun dan pemrosesan entri jurnal. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) karena peneliti tidak dapat mengontrol seluruh variabel diluar penelitian yang terkait dengan minat belajar siswa, sehingga rancangan penelitian yang digunakan adalah desain Solomon empat grup.

Uji 2x2 ANOVA menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pretest dan treatment terhadap perolehan skor minat belajar siswa  pada mata pelajaran akuntansi dasar. Oleh karena itu dilanjutkan uji ANCOVA, sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah dikendalikan oleh kovariabel pretest, terdapat perbedaan minat belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan AMBIL (Accounting Mobile Learning) audio-visual dan kuis act count think dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Artinya, jika guru menggunakan AMBIL audio-visual dan kuis act count think dalam pembelajaran akuntansi dasar, maka minat belajar siswa akan meningkat.