SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Prngaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007

Gde Ngurah Burhanudin

Abstrak


Kinerja keuangan perusahaan merupakan hasil dari banyak keputusan yang dibuat secara terus menerus oleh pihak manajemen. Oleh karena itu untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan perlu dilakukan analisis laporan keuangan. Rasio keuangan yang sering digunakan adalah Current Ratio, Debt Equity Ratio, Return On Equity, dan Return On Investment. Perusahaan yang memiliki Current Ratio, Return On Equity dan Return On Investment yang tinggi, dan juga Debt Equity Ratio yang rendah cenderung menunjukkan kondisi perusahaan dalam keadaan baik. Hal tersebut tentunya dapat memicu kenaikan harga saham
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh kinerja keuangan yang diukur terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007. Variabel bebas pada penelitian ini terdiri dari empat rasio keuangan, yang terdiri dari Current Ratio, Debt Equity Ratio, Return On Equity, dan Return On Investment. Variabel terikat adalah harga saham yang diukur menggunakan harga saham rata-rata mingguan.
Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007. Dari populasi tersebut, kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian. Hasilnya, terdapat 63 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil analisis menunjukkan Return On Equity, dan Return On Investment berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini menyarankan agar pihak manajemen pada perusahaan manufaktur dalam mengelola perusahaan harus lebih efektif dan efisien dan untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel-variabel bebas lainnya.