SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Corporate Social Responsibility (CSR) PT INKA (Persero) dalam Perspektif Institutional Theory dan Legitimacy Theory

Yohan Ardhi Wiratama Sudarto

Abstrak


ABSTRAK

 

Sudarto, Yohan Ardhi Wiratama. 2018. Corporate Social Responsibility (CSR) PT INKA (Persero) dalam Perspektif Institutional Theory dan Legitimacy Theory. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

 

Kata Kunci: Corporate Social Responcibility (CSR), Fenomenologi, Institusional, Legitimasi.

 

Seiring dengan perkembangan dinamika perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, pemikiran tentang CSR telah mengalami transformasi dan melahirkan definisi-definisi baru sesuai dengan perspektif masing-masing pihak. CSR mempunyai makna yang berbeda bagi orang atau organisasi yang berbeda. Perbedaan persepsi atau makna tentang CSR tidak hanya dipengaruhi oleh sejauh mana orang menafsirkan untuk memahami CSR tersebut, tetapi juga di pengaruhi oleh nilai dan norma yang ada dalam lingkungan institusi dan masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemahaman Corporate Social Responsibility (CSR) dari sudut pandang manajemen PT INKA (Persero) secara mendalam dan menyeluruh dengan menggunakan teori institusional dan teori legitimasi.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretif yang menggunakan fenomenologi transedental Husserl dengan tahapan epoche, reduksi fenomenologi, variasi imajinasi, dan sintesis makna. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara mendalam untuk menggali kesadaran individu dengan pertanyaan semi terstruktur.

Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Manajemen PT INKA (Persero) memaknai CSR sebagai tugas moral sebagai wujud dalam mematuhi peraturan dikarenakan tekanan dari institusi yang lebih besar atau pemerintah. 2) CSR dimaknai sebagai amanah dan balas jasa kepada masyarakat dengan tujuan untuk mencapai legitimasi untuk menunjang going concern perusahaan.