SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK BERFORMAT EPUB PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Alvi Nur Widiyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiyawati, Alvi, Nur. 2018. Pengembangan Media E-book Berformat Epub pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Sulastri, S.Pd., M.SA.

 

Kata Kunci : Media E-book, Format Epub, Akuntansi Dasar.

 

Fasilitas yang berada di SMK Negeri 1 Sine sudah memadai. Semua siswa akuntansi kelas X di SMK Negeri 1 Sine juga sudah memiliki smartphone android. Namun, tidak semua guru memanfaatkan fasilitas tersebut pada proses pembelajaran akuntansi. Guru saat proses pembelajaran menggunakan media berupa powerpoint dengan tampilan yang sederhana yaitu berupa full text, sehingga siswa merasa bosan dengan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut penulis termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas yang dimiliki siswa yaitu smartphone, sehingga dengan smartphone pembelajaran dapat dilakukan disekolah maupun diluar sekolah. Salah satu media pembelajaran teknologi digital yang berkembang cukup pesat saat ini adalah e-book. E-book merupakan cara baru sebagai sarana pembelajaran yang berbentuk digital atau elektronik. E-book yang akan dikembangkan dalam penelitian ini disusun menggunakan salah satu format untuk aplikasi e-book yang bersifat terbuka yaitu EPUB (Electronic Publication). E-book dengan format epub dapat menunjukkan tampilan video, audio, gambar dan teks yang dapat menarik untuk dibaca. Dengan paket lengkap media tersebut, siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran dan tidak bosan dalam proses pembelajaran akuntansi.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan media diadaptasi dari model ADDIE dengan mengambil 5 tahap,  yaitu 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Validasi dilakukan oleh seorang ahli materi, ahli media dan uji coba lapangan. Media dikembangkan dan diujicobakan 25 siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Sine.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media e-book berformat epub sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi yang memperoleh total skor 79 dengan persentase sebesar 81% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, 2) Ahli media yang memperoleh total skor 75 dengan persentase sebesar 98% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, 3) Ahli uji coba pengguna kepada 25 siswa memperoleh nilai 2203 dengan persentase sebesar 88% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, 4) hasil rata-rata keseluruhan validasi menunjukkan rata-rata sebesar 88%. Oleh karena itu, media e-book  berformat epub pada mata pelajaran akuntansi dasar dinyatakan sangat  layak dan valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kelebihan media e-book  yang berformat epub ini adalah 1) Dapat diakses secara offline, 2) Media pembelajaran dapat digunakan secara fleksibel, 3) Materi lengkap disertai dengan video pembelajaran dan 4) Soal evaluasi yang disediakan bervariasi.