SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengelolaan Kelas Guru Akuntansi X pada Mata Non-Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar

Fithri Khoiriyah

Abstrak


RINGKASAN

 

Khoiriyah, Fithri. 2018. Analisis  Pengelolaan Kelas Guru Akuntansi X pada Mata Non-Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti M.P.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Guru Akuntansi pada Mata Pelajaran Non-Akuntansi

Guru dituntut bukan hanya menguasai materi saja, tetapi juga harus mengupayakan kondisi kelas yang kondusif serta meminimalisir masalah-masalah yang terjadi didalam kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Guru dengan latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan bidang tugas serta telah berpengalaman dalam mengajar tidak akan pernah dapat menghindarkan diri dari berbagai masalah yang ada di kelas. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam mengelola kelas sangat penting, dimana guru akan menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikan kondisi belajar agar optimal apabila terjadi gangguan dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru akuntansi X mengelola kelas pada mata pelajaran non-akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada guru akuntansi yang mengelola kelas pada mata pelajaran non-akuntansi. Subyek penelitian ini adalah salah satu guru akuntansi yang mengelola kelas pada mata pelajaran non-akuntansi di kelas X Akuntansi 2. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden yang terkait terdiri dari guru Akuntansi X sebagai informan kunci, guru wali kelas X Akuntansi 2, Wakasek Kurikulum, dan siswi kelas X Akuntansi 2.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, analisis pengelolaan kelas guru akuntansi X pada mata pelajaran non-akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar kurang efektif dalam penerapan komponen keterampilan pengelolaan kelas. Komponen pengelolaan kelas diklasifikasikan menjadi dua yaitu, keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar dan keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal. Guru kurang mampu menerapkan komponen keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal terkait indikator memberikan petunjuk yang jelas disebabkan latar belakang pendidikan guru yang tidak liniear dengan bidang tugas sehingga menyebabkan peserta didik mengalami kebingungan dalam pembelajaran. Upaya guru dalam meningkatkan kompetensi tersebut dengan belajar mandiri dan belajar dengan teman sejawat. Selain itu, guru kurang mampu menerapkan indikator pengelompokan siswa disebabkan pengelompokan siswa yang dilakukan oleh guru  menyesuaikan karakteristik pembelajaran dengan jam pelajaran yang singkat melalui pola bekerja komplementer yaitu dengan pembagian tugas diskusi yang berbeda. Hal tersebut menyebabkan peserta didik merasa tidak adil terhadap tugas yang dibagikan serta kurang memahami tugas diskusi kelompok lain.

 

SUMMARY

 

Khoiriyah, Fithri. 2018. Analysis of the Classroom Management of Accounting Teacher X on Non-Accounting Subjects at SMK Negeri 2 Blitar. Sarjana’s Thesis, Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Suparti M.P.

 

Keywords: Classroom Management, Accounting Teachers on Non-Accounting Subjects.

Teachers are required not only to master the teaching material, but also to seek conducive class conditions and to minimize the problems that occur in the classroom, so that learning objectives can be achieved. Teachers with educational background not in accordance with the field of duty and with no experience in teaching will never be able to avoid themselves from various problems in the classroom. Therefore, the ability of teachers in managing the class is very important; teachers will create and maintain good atmosphere for learning and restore good atmosphere for learning if there is interference in the learning process.

This study aims to find out how Accounting Teacher X managed classes on non-accounting subjects at SMK Negeri 2 Blitar. This research is a qualitative research with case study approach on accounting teacher who teaches non-accounting subjects. The subject of this study was one of the accounting teachers who teach non-accounting subjects in class X Accounting 2. The data was collected using interview, observation, and documentation. Respondents related consisted of Accounting Teacher X as the key informant, homeroom teacher of class X Accounting 2, Curriculum Vice Principal, and students of class X Accounting 2.

Based on the results of this research, it can be concluded that the classroom management of accounting teacher X on non-accounting subjects at SMK Negeri 2 Blitar was less effective in applying the components of classroom management skills. The components of classroom management are classified into two namely, skills related to the creation and maintenance of atmosphere for learning and skills related to restoring optimal atmosphere for learning. The teacher could not apply the components of skills related to the creation and maintenance of optimal atmosphere for learning related to providing clear guidance to students because the teacher's educational background is not in accordance with the field of tasks; it led learners to be confused. The teacher attempted to improve her competence by learning independently and learning with peers. In addition, the teacher could not group the students appropriately because student grouping conducted by teachers should adjust the learning characteristics with short learning hours through complementary work patterns with the division of different discussion tasks. This caused the learners to feel that the division of tasks was unfair and they could not understand the discussion of the other groups.