SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR DAN MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan LQ-45 Tahun 2014-2016)

Paula Sampdoria.

Abstrak


ABSTRAK

Sampdoria, Paula. 2018. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengungkapan CSR dan Manajemen laba. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M. C.A.

 

Kata kunci: Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, ,Manajemen Laba

Penelitian ini dibuat untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR dan manajemen laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris terkait pengaruh profitabilitas perusahaan terhadap pengungkapan CSR dan pengaruh profitabilitas perusahaan terhadap manajemen laba.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 perusahaan yang secara berturut-turut masuk dalam Indeks LQ-45 sejak tahun 2014-2016 (periode Februari dan Agustus) serta mempublikasikan sustainability report secara konsisten. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana untuk hipotesis 1 dan hipotesis 2.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa profitabilitas perusahaan tidak memiliki pengaruh sigifikan terhadap. pengungkapan CSR karena tingginya nilai profitabilitas perusahaan belum tentu membuat perusahaan tersebut mengungkapkan CSR dengan lebih banyak pula. Karena ketika perusahaan memilki profitabilitas yang tinggi, manajemen tidak perlu melaporkan hal-hal yang dapat mengganggu informasi tentang suksesnya keuangan perusahaan atau tidak perlu mencari dukungan kepada stakeholder, sebaliknya pada saat tingkat profitabilitas rendah, mereka berharap para stakeholder akan membaca kabar baik dari manajemen perusahaan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya data dari PT. Telekomunikasi Indonesia dimana nilai ROE-nya mengalami peningkatan selama tiga tahun yakni 25%, 26%, dan 28% namun nilai pengungkapan CSR-nya justru semakin menurun yakni masing-masing 35%, 28% dan 25%. Namun sebaliknya, PT. Adhi Karya Tbk nilai ROE-nya mengalami penurunan yang signifikan tahun 2014-2016 yakni masing-masing 19%, 9% dan 6% namun nilai pengungkapan CSR-nya justru semakin meningkat signifikan masing-masing sebesar 67%, 69% dan 70%. Teori ini didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Aras et al (2010), Sembiring (2005), Patten (1991), Hackston dan Milne (1996) bahwa ROE tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap CSR, dimana semakin tinggi profitabilitas perusahaan, pengungkapan CSR-nya justru semakin dikurangi serta

Sedangkan pada hipotesis yang kedua profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, karena semakin besar tingkat profitabilitas perusahaan maka semakin besar pula peluang perusahaan tersebut untuk mengalami penurunan profitabilitas di masa yang akan datang, sehingga hal ini juga dapat menyebabkan semakin besar perusahaan mengalami fluktuasi pendapatan yang berdampak pada ketidakstabilan perusahaan dalam memperoleh pendapatan, sehingga semakin besar profitabilitas perusahaan maka semakin besar manajer perusahaan melakukan praktik manajemen laba untuk menjaga kestabilan perusahaan dalam rangka pengambilan kebijakan . Teori ini didukung oleh penelitian milik (Ulya, 2015) dan Cahyani (2012) yang menjelaskan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap praktik manajemen laba, dimana semakin besar profitabilitas maka semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut, karena tingkat pengembalian atas investasinya juga semakin besar.

Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jangka waktu penelitian untuk mendapatkan jumlah sampel yang lebih banyak sehingga mendapatkan hasil yang lebih akurat, serta menggunakan teknik pengukuran CSR yang lain, karena pengungkapan CSR yang diukur dengan indeks GRI 4.0 dinyatakan tidak dipengaruhi oleh profitabilitas.