SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Lift The Flap Book Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan di SMKN 1 Pasuruan

Ike Fuji Lely

Abstrak


RINGKASAN

 

Lely, Ike Fuji. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Lift The Flap Book Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan di SMKN 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci: komponen pembelajaran, media pembelajaran visual, lift the flap book

Salah satu komponen yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan pesan pelajaran kepada siswa adalah media pembelajaran. Media pembelajaran yang melibatkan indera pandang adalah media visual. Buku teks merupakan salah satu jenis media visual sebagai sumber pembelajaran utama untuk mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti dan dinyatakan layak oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk digunakan pada satuan pendidikan. Lift The Flap Book sebagai media visual berjendela yang dapat dibuka tutup memadukan gambar dan teks materi yang digunakan untuk meningkatkan minat siswa untuk belajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran Lift The Flap Book pada mata pelajaran Dasar-dasar Perbankan di SMKN 1 Pasuruan. Selain itu juga untuk menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Lift The Flap Book Dasar-dasar Perbankan yang telah dihasilkan.

Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda pada tahun 1990 an yang terdiri dari: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) implementasi (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation). Uji coba dilaksanakan pada kelas X Akuntansi 2 di SMKN 1 Pasuruan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi ahli dan pengguna (guru dan siswa) yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase serta hasil penilaian pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t test. Data kualitatif berupa saran dan kritik dari validator dan pengguna yang digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi produk.

Hasil validasi media dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Lift The Flap Book dinyatakan sangat valid dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji efektifitas melalui nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji normalitas dan paired sample t test dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Lift The Flap Book Dasar-dasar Perbankan memberikan pengaruh dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar media dapat disebarluaskan dan diterbitkan. Saran kepada pengembang selanjutnya agar dapat membuat produk dalam bentuk softfile agar dapat disebarluaskan di media sosial.