SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dengan Motivasi Belajar Siswa sebagai Variabel Intervening di SMK Berbasis Islam

Lely Lailatul Khusnia

Abstrak


RINGKASAN

 

Khusnia, Lely Lailatul. 2018. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dengan Motivasi Belajar Siswa sebagai Variabel Intervening di SMK Berbasis Islam Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langusng antara perhatian orang tua dan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi melalui motivasi siswa sebagai variabel intervening di SMK Berbasis Islam Kabupaten Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan akuntansi di SMK Berbasis Islam Kabupaten Malang yang berjumlah 175 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 122 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara: (1) perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, (2) gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, (3) motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi, (4) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi, (5) gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi, (6) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi melalui motivasi belajar siswa sebagai variabel intervening, (7) gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi melalui motivasi belajar siswa sebagai variabel intervening di SMK Berbasis Islam Kabupaten Malang.