SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Memaknai Sikap Karyawan atas Modernisasi Pajak

Fantalina Diantartika

Abstrak


RINGKASAN

 

Diantartika, Fantalina. 2017.Memaknai Sikap Karyawan atas Modernisasi Pajak. Skripsi, JurusanAkuntansi Program Studi S1 AkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Sawitri Dwi P, SE., M.Si., Ak., (II) Dr. Satia Nur Maharani, SE., M.SA, Ak.

 

Kata Kunci:E-SPT,Wajib Pajak, Kepatuhan, Pelaporan, Perubahan Teknologi

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Memahami manfaat setelah pergantian palaporan menggunakan aplikasi E-SPT (2) Memahami bagaimana dampak yang dialami WP setelah adanya perubahan teknologi, dalam penelitian ini menggunakan teori Fungsionalisme Struktural dan Adaptasi dalam Antropologi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode interpretatif dimana saya sebagai peneliti membuat proposal yang bersumber dari hasil wawancara dengan beberapa Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Kota Kediri dan melakukan diskusi dengan pembimbing untuk melakukan penelitian di KPP Pratama Kota Kediri, peneliti mempunyai pemahaman awal bahwa kepatuhan dari WP Masa OP dipengaruhi oleh adanya modernisasi pajak menggunakan E-SPT.

Hasildari penelitianWP merasakan dampak dari pergantian teknologi menggunakan aplikasi E-SPT dari pergantian pelaporan dari manual menjadi media elektronik walaupun masih ada kendala-kendala yang masih dialami oleh WP sendiri. Dari sudut pandang penerimaan dengan adanya pelaporan menggunakan aplikasi E-SPT KPP Pratama Kediri mampu melampaui target yang telah ditentukan sebelumnya, dibandingkan dengan pada saat menggunakan pelaporan manual yang masih belum bisa mencapai target yang telah ditentukan tentu perubahan pelaporan menggunakan aplikasi E-SPT mempunyai dampak yang bagus bagus KPP Pratama Kediri.

Saran penelitiadalah karena data dalam penelitian ini sangat terbatas karena jumlah dan lingkup area tidak begitu luas (hanya terbatas pada WP OP PPN di KPP Pratama Kediri) dalam waktu 1 bulan sehingga relatif tidak bisa digeneralisasikan untuk lingkup lebih luas.Penelitian mendatang dapat menggunakan lingkup secara lebih luas agar diperoleh hasil yang lebih baik seperti masyarakat yang belum pernah membayar pajak karena dalam penelitian membahas tentang kepatuhandan Direktorat Jenderal Pajak khususnya KPP Pratama kediri agar lebih meningkatkan sosialisasi secara meluas mengenai penerapan E-SPT kepada WP serta perlu dilakukan penyempurnaan secara terus-menerus terhadap sistem E-SPT agar menghilangkan kendala dalam penerapan E-SPT.