SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN ANGKATAN 2014 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Shindy Diana Rusfita

Abstrak


RINGKASAN

 

Rusfita, Shindy Diana. 2018. Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pada Mahasiswa Kependidikan Angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Akuntans. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr.  Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA

 

Kata Kunci : Persepsi, Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Minat Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel berupa persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa kepandidikan angkatan 2014 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sejumlah 549 mahasiswa dengan sampel penelitian sejumlah 231 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Sumber data yang diperoleh untuk masing-masing variabel ini berupa data primer yang diambil menggunakan kuisioner. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang profesi guru berpengaruh positif signifikan terhadap minat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan tingkat sig. yaitu 0,003 0,005. Lingkungan keluarga juga berpengaruh positif signifikan terhadap minat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan tingkat sig. yaitu 0,0000,05.

Keterbatasan dalam penelitian ini yakni bahwa, (1) indikator variabel persepsi mahasiswa tentang profesi guru dalam penelitian ini masih terbatas, (2) jawaban kuisioner terkadang tidak menunjukkan keadaan sebenarnya dari responden, (3) penelitian ini hanya mengambil dua faktor saja.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan, (1) bagi pendidik agar dapat meningkatkan kompetensinya dan menambah pengetahuannya tentang profesi guru melalui kegiatan di luar pembelajaran. (2) bagi keluarga agar memberikan dorongan dan motivasi untuk meningkatkan pengetahuan calon guru terhadap profesi guru dan agar keluarga memahami dan mencari informasi mengenai Pendidikan Profesi Guru (PPG).