SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governane, dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 – 2016

Feryal Amima Widadi.

Abstrak


RINGKASAN

 

Corporate Social Responsibility mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan nilai perusahaan sebagai hasil dari peningkatan penjualan perusahaan dengan cara melakukan berbagai aktivitas sosial dilingkungan sekitarnya. Nilai perusahaan tidak hanya dipengaruhi oleh pengungkapan Corporate Social Responsibilty. Good Corporate Governance merupakan faktor non keuangan lainnya yang saat ini banyak dipertimbangkan oleh investor dalam menilai suatu perusahaan. Selain itu ada faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yaitu kinerja keuangan. Kinerja keuangan yang baik akan dapat menunjukkan besarnya nilai tambah yang akan dihasilkan sehingga tercermin pada pengingkatan nilai perusahaan biasanya di ukur dengan Economic Value Added.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan economic value added terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan diproksi dengan Price To Book Value.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory research. Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2013 – 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi pada data laporan keuangan dan annual report yang terdapat di website BEI. Adapun analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pertama, Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang artinya H1 ditolak. Kedua, Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang artinya H2 ditolak. Ketiga, Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang artinya H4 ditolak. Keempat, Economic Value Added berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang artinya H5 diterima.