SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Efikasi Diri Terhadap Kecurangan Akademik

Novi Ayu Afifah

Abstrak


RINGKASAN

 

Afifah, Novi Ayu. 2018. Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Efikasi Diri terhadap Kecurangan Akademik. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri, S.Pd, M.SA.

 

Kata kunci: Kecurangan Akademik, Konformitas Teman Sebaya, dan Efikasi Diri.

Kecurangan akademik merupakan perilaku tidak jujur yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan suatu keuntungan dalam menyelesaikan permasalahan di lingkungan akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik diantaranya adalah konformitas teman sebaya dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh konformitas teman sebaya dan efikasi diri terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2015.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi untuk penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2015 yang berjumlah 153 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling diperoleh sampel 111 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert untuk mengukur kecurangan akademik, konformitas teman sebaya, dan efikasi diri. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik yang dilihat dari hasil uji t sebesar thitung2,108 > ttabel1,659 dengan signifikansi 0,037 < 0,05 dan efikasi diri tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap kecurangan akademik yang dilihat dari hasil uji t sebesar thitung4,487 > ttabel1,659 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi kecurangan akademik yang dilakukan dan semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki tidak mengindikasikan kecurangan akademik yang dilakukan rendah.