SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis Balanced Scorecard dan Aktivitas Sosial Perusahaan

Yunneitaimasilfia

Abstrak


RINGKASAN

 

Untuk meningkatkan kinerja perusahaan diperlukan suatu pengukuran kinerja yang bertujuan untuk mewujudkan sasaran kerja yang ditentukan. Pengukuran kinerja dapat dijadikan sebagai alat untuk mendeteksi kekurangan dan kelemahan yang ada dalam perusahaan sehingga dapat dilakukan perbaikan pada perusahaan tersebut. Diketahui bahwa PG Modjopanggoong menggunakan pengukuran kinerja tradisional berupa laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PG Modjopanggoong ditinjau dari perspektif Balanced Scorecard dan Aktivitas Sosial Perusahaan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah (naturalistic). Berkenaan dengan tujuan penelitian ini “bagaimana kinerja PG Modjopanggoong ditinjau dari perspektif Balanced Scorecard dan Aktivitas Sosial Perusahaan” maka peneliti menggunakan pendekatan studi kasus.

Berdasarkan analisis kinerja yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kinerja PG Modjopanggoong cukup baik. Perpektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai baik. Perspektif proses bisnis internal dinilai kurang baik. Perspektif pelanggan, perspektif keuangan dan aktivitas sosial perusahaan dinilai cukup baik.