SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Model Game Cerdas Akuntansi Untuk Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Pada Materi Pengelolaan Aset Tetap

Maulana Wicaksono Putro

Abstrak


RINGKASAN

 

Putro, Maulana Wicaksono. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Model Game Cerdas Akuntansi Untuk Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Pada Materi Pengelolaan Aset Tetap. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E, M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Pengembangan, multimedia interaktif, game cerdas akuntansi

Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Pada bidang pendidikan, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Guru harus dapat menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pemanfaatan media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi materi kepada peserta didik. Multimedia interaktif merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif model game cerdas akuntansi pada mata pelajaran akuntansi materi pengelolaan aset tetap kelas XI SMK jurusan akuntansi serta untuk menguji kelayakan dan efektivitas multimedia interaktif tersebut dalam pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Research dan Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Prosedur yang dilakukan telah dimodifikasi, meliputi pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk awal, uji coba produk,  revisi dan produk akhir. Validasi produk melibatkan satu dosen TEP UM, satu guru akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri, dan tiga orang peserta didik kelas XI akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri. Penilaian produk dilakukan dengan cara penilaian menggunakan angket angket dan wawancara secara mendalam, serta pretest posttest yang diberikan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia interaktif model game cerdas akuntansi.

Produk multimedia interaktif menyajikan materi pengelolaan aset tetap secara jelas dan memberikan soal latihan dalam bentuk game cerdas akuntansi. Berdasarkan penilaian produk, diketahui bahwa tampilan dan konsep multimedia interaktif telah sesuai serta dapat memudahkan peserta didik dalam belajar. Hasil uji efektivitas produk yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000.

Pemanfaatan multimedia interaktif yang dikemas dalam CD interaktif dapat menggunakan komputer atau laptop. Penggunaan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran oleh peserta didik dapat dilakukan saat dikelas maupun diluar kelas. Pengembangan selanjutnya diharapkan dapat memanfaatkan multimedia interaktif kedalam android agar lebih menarik.