SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sebaran Kepemilikan dan Asimetri Informasi terhadap Dividend Smoothing pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 - 2016

Firdaus Kurniansyah

Abstrak


RINGKASAN

 

Shareholders melakukan investasi ke perusahaan publik dengan tujuan untuk mendapatkan dividend atau capital gain. Manajer melakukan berbagai kebijakan terkait dengan dividen salah satunya adalah dividend smoothing. Sesuai dengan agency theory, permasalahan antara manajemen dan principal disebabkan karena adanya perbedaan confllict of interest. Manajemen cenderung bertindak opportunis yaitu untuk kepentingan pribadi, sehingga merugikan pihak principal. Terdapat berbagai macam upaya untuk mengatasi masalah keagenan, salah satunya adalah adanya monitoring yang dilakukan principal.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sebaran kepemilikan dan asimetri informasi yang diproksikan pada Bid – Ask Spread terhadap dividend smoothing yang diproksikan pada Speed of Adjustment (SOA). Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2012 - 2016. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Ada 40 sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebaran kepemilikan tidak berpengaruh terhadap dividend smoothing. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa asimetri informasi berpengaruh positif terhadap dividend smoothing, hal ini memiliki makna bahwa semakin tinggi asimetri informasi maka semakin tinggi tingkat dividend smoothing. Informasi mengenai sebaran kepemilikan, asimetri informasi dan dividend smoothing sangat bermanfaat bagi manajemen dan pertimbangan dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan dividend smoothing sehingga dapat meningkatkan efisiensi perusahaan.