SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMEA) Kepanjen

Louckita Poernamasari

Abstrak


RINGKASAN

 

Persepsi siswa dalam menilai karakterisitik keterampilan dasar mengajar guru berbeda satu dengan yang lainnya. Dilihat dari beberapa keterampilan dasar mengajar guru yang digunakan dalam setiap proses belajar mengajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran sangat diperlukan guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMEA) Kepanjen.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksplanasi. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X AK1, X AK2, dan X AK3 jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMEA) Kepanjen, dengan jumlah siswa 99 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 67 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear sederhana dan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa tentang keterampilan dasar menagajar guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut membuktikan bahwa variabel persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMEA) Kepanjen.

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMEA) Kepanjen.