SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Psychological Capital dan Kajian Praktik Lapangan (KPL) terhadap Motivasi Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

septilia woro anggini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggini, Septilia Woro. 2018. Pengaruh Psychological Capital dan Kajian Praktik Lapangan terhadap Motivasi Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo S.E., M.Si., Ak

 

Kata Kunci: Psychological Capital, Kajian Praktik Lapangan (KPL), Motivasi Menjadi Guru

 

Motivasi menjadi guru adalah suatu dorongan dan rasa ingin tahu dalam diri individu terhadap profesi guru yang ditunjukkan dengan pemusatan pikiran, perasaan, kemauan atau perhatian yang lebih dalam mewujudkan keinginannya untuk menjadi seorang guru. Faktor yang mempengaruhi motivasi menjadi guru pada penelitian ini antara lain psychological capital dan Kajian Praktik Lapangan (KPL).

Motivasi menjadi guru pada mahasiwa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2014 tergolong cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mahasiswa kependidikan yang menjadikan pendidikan akuntansi sebagai pelihan kedua saat mendaftar di perguruan tinggi. Selain itu, banyak mahasiswa jurusan kependidikan tersebut setelah lulus kuliah berpindah jalur pekerjaan di bidang lain selain dunia pendidikan. Hal ini disebabkan karena adanya peluang bagi setiap mahasiswa untuk memilih pekerjaan dibidang nonkependidikan.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 144, dengan sampel berjumlah 106 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan yakni teknik random sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan kuisioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis regresi berganda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh psychological capital dan Kajian Praktik Lapangan (KPL) terhadap motivasi menjadi guru pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological capital dan Kajian Praktik Lapangan (KPL) berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi menjadi guru. Keterbatasan dalam penelitian ini berupa kurangnya pertanyaan dalam menggambarkan indikator variabel, dan subjek penelitian hanya pada satu Program Studi Kependidikan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah soal pertanyaan pada angket, memperluas subjek penelitian, dan menggunakan teknik observasi secara langsung dalam pengumpulan data.