SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Loan to Deposit Ratio, Return On Asset, Capital Adequacy Ratio, Non Peforming Loan, Earning Per Share, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2004-2008).

VITA PRABAWATI LESTARI

Abstrak


ABSTRAK

Lestari, Vita Prabawati. 2010. Pengaruh Loan to Deposit Ratio, Return On Asset, Capital Adequacy Ratio, Non Peforming Loan, Earning Per Share, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2004-2008). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si. Ak, (2) Sriyani Mentari, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci: LDR, ROA, NPL, CAR, EPS, SIZE, dan Return Saham,

 

            Perbankan sebagai lembaga yang bergerak di bidang keuangan memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia. Peran perbankan yang strategis tersebut menjadikan penilaian terhadap kinerja perusahaan menjadi sesuatu yang vital. Penilaian kinerja perbankan dapat dilakukan melalui analisis laporan keuangan dengan menggunakan rasio keuangan yang sesuai dengan peraturan Bank Indonesia. Kinerja yang baik akan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut, sehingga dapat meningkatkan harga saham yang selanjutnya meningkatkan return saham. Penelitian ini juga menggunakan variabel firm size (ukuran perusahaan). Pertimbangan ukuran perusahaan perlu dilakukan karena adanya perbedaan risiko usaha dan kinerja antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar LDR, ROA, CAR, NPL, EPS, dan SIZE secara parsial sehingga informasi tersebut dapat mempengaruhi besarnya return saham

            Populasi yang digunakan adalah semua perusahaan perbankan  yang listing di BEI dan aktif melakukan perdagangan saham selama periode 2004-2008, dimana dari populasi tersebut terpilih 15 perusahaan sebagai sampel yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Data penelitian yang digunakan adalah polling data antara deret jumlah (cross section) dengan deret waktu (time series) sehingga diperoleh sebanyak 75 data.

Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan Indonesian Capital Market Directory dan dari internet dengan website www. Idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana SPSS.

            Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa ROA dan CAR berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap return saham pada tingkat signifikansi sebesar 5%. Variabel LDR, NPL, EPS, dan SIZE tidak berpengaruh terhadap return saham.

Berdasarkan penelitian ini maka disarankan pada peneliti lebih lanjut untuk melakukan pertimbangan krisis ekonomi dan menambah variabel bebas lain yang memberikan kontribusi terhadap perubahan variabel return saham seperti tingkat suku bunga, pengumuman merger, pengumuman deviden, dan informasi lainnya. Selain itu juga dapat melakukan pemisahan berdasarkan ukuran perusahaan sesuai dengan peraturan perbankan yang berlaku.


Teks Penuh: DOC PDF