SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga Kredit, dan Bagi Hasil terhadap Pembiayaan Mudharabah Bank Umum Syariah Periode 2011-2013

Teguh Pramono

Abstrak


RINGKASAN

 

Pramono, Teguh. 2014. “Pengaruh Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga Kredit, dan Bagi Hasil terhadap Pembiayaan Mudharabah Bank Umum Syariah Periode 2011-2013”. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Makaryanawati, S.E., M.Si., Ak. (II) Satia Nur Maharani, S.E, M.Sa., Ak.

 

Kata Kunci: Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga Kredit, Bagi Hasil, Pembiayaan Mudharabah

Pembiayaan Mudharabah merupakan salah satu jenis pembiayaan produktif dengan sistem bagi hasil. Keuntungan yang diperoleh dibagi berdasarkan nisbah bagi hasil yang telah disepakati, sedangkan kerugian yang dialami sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak bank. Jumlah pembiayaan Mudharabah dipengaruhi oleh faktor makro ekonomi seperti tingkat inflasi dan suku bunga kredit yang berlaku.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh tingkat inflasi, tingkat suku bunga kredit dan bagi hasil terhadap pembiayaan Mudharabah Bank Umum Syariah. Populasi yang digunakan adalah seluruh Bank Umum Syariah (BUS) yang berjumlah 11 bank. Pemilihan sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan purposive sampling method, dengan ketentuan terdapat pembiayaan Mudharabah secara konsisten, sehingga diperoleh sebanyak empat Bank Umum Syariah periode 2011-2013. Variabel tingkat inflasi diukur menggunakan IHK setiap akhir bulan. Tingkat suku bunga kredit menggunakan Suku Bunga Bank Indonesia. Bagi hasil diperoleh dari laporan keuangan yang dikeluarkan bank syariah. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda (multiple regression) dengan menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat Inflasi berpengaruh negatif terhadap pembiayaan Mudharabah Bank Umum Syariah. Variabel tingkat suku bunga dan bagi hasil menunjukkan hasil yang berbeda, yaitu tidak berpengaruh terhadap pembiayaan Mudharabah Bank Umum Syariah. Berdasarkan hasil penelitian, saran untuk penelitian selanjutnya adalah memasukan pembiayaan Mudharabah dari semua Bank Umum Syariah agar didapat kondisi yang sebenarnya.