SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Stock Split Terhadap Reaksi Pasar pada Perusahaan Go Publik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan Pertumbuhan Laba Sebagai Variabel Kontrol

faisal haris pratama

Abstrak


RINGKASAN

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang disebabkan oleh stock split terhadap reaksi pasar pada perusahaan dengan pertumbuhan laba tinggi dan perusahaan dengan pertumbuhan laba rendah. Harga saham yang terlalu tinggi mendorong manajemen perusahaan menerapkan kebijakan stock split dengan tujuan menurunkan harga saham pada kisaran harga yang menarik investor sehingga likuiditas saham meningkat.

Penelitian ini menggunakan 40 perusahaan yang melakukan stock split yaitu split down pada periode 2010-2016 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel terdiri dari 25 perusahaan dengan pertumbuhan laba tinggi dan 15 perusahaan dengan pertumbuhan laba rendah. Penulis menggunakan uji Shapiro-Wilk untuk menguji normalitas data. Dalam proses pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji one sample t-test.

Pengamatan dilakukan pada 5 hari sebelum 1 hari peristiwa dan 4 hari sesudah stock split. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaaan abnormal Trading Volume Activity (TVA) disekitar terjadinya stock split pada perusahaan dengan pertumbuhan laba tinggi dan perusahaan dengan pertumbuhan laba rendah. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh stock split terhadap reaksi pasar.